alexametrics

Petani Curhat ke Sihar, Padinya Diserang Hama Hingga Gagal Panen

29 Mei 2018, 19:55:48 WIB

JawaPos.com – Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Sumatera Utara (Sumut), Sihar Sitorus tiba-tiba memberhentikan mobilnya di tengah jalan saat melihat hamparan padi yang hijau di Desa Hurase, Kecamatan Batang Angkola, Kabupaten Tapanuli Selatan, Senin (28/5). Sihar langsung turun dari mobil dan berjalan di bedengan sawah.

Sihar pun menghampiri seorang ibu yang sedang bertani. Rosida Aritonang, 63 namanya. Di sawah tadah hujan itu, Rosida sedang mencabut gulma, sejenis tanaman benalu yang mengganggu timbuh padi. Sihar langsung menjabat tangan wanita sepuh itu.

“Maaf amang, masih berlumpur, baru mencabut gulma kami,” ujar Rosida dalam keterangan tertulis yang diterima JawaPos.com, Selasa (29/5).

Usai bersalaman, Sihar Sitorus pun jongkok seraya mengajak Rosida berbincang. Obrolan Sihar dan Rosida seputar kendala yang dihadapi masyarakt dan apa harapan yang mereka inginkan dari Pemerintah Sumut lima tahun ke depan, sehingga kehidupan mereka semakin baik.

Diawal perbincangan Rosida, menyampaikan mengenai gagal panen yang mereka alami tahun sebelumnya. Penyebabnya adalah, banyaknya hama menyerang padi mereka. Hama tersebut pun sekarang sudah mulai menyerang padi yang baru mereka tanam.

“Ada hama ulat, yang buat padinya bolong-bolong. Kami tidak tahu itu namanya apa. Kemudian ada hama keong. Ada lagi hama tikus. Kami sangat kesusahan mengatasinya. Terutama hama ulatnya. Susah kali kamu tanggulangi. Ada banyak di desa sebelah yang padinya sudah banyak rusak. Sekarang ulatnya banyak pindah ke desa kami ini,” ujarnya.

Rosida berharap, pemerintah mengatasi hama tersebut. Mereka tidak ingin lagi gagal panen seperti tahun sebelumnya. “Kalau bisa dibantu lah kami Pak mengatasi hama ini. Biar kami enggak rugi-rugi lagi. Kami ini kan sudah serba kekurangan, makin susah kami nanti kalau gagal panen lagi,” ujarnya.

Kedatangan Sihar ke sawah bertujuan ingin mendengar keluhan petani. Selama ini memang, banyak petani yang mengeluh tentang hasil produksinya yang semakin berkurang.

“Kita mendengar keluhan atas serangan hama yang membuat mereka merugi. Djarot-Sihar datang hari ini, untuk memastikan mereka tidak lagi gagal panen. Dengan partisipasi pemerintah untuk memberikan solusi-solusi atas permasalahan mereka. Kita akan selalu hadir di tengah masyarakat untuk membantu meringankan beban hidupnya,” ujarnya.

Kepada Rosida, Sihar pun menjelaskan program-program unggulan mereka untuk membantu meringankan beban masyarakat Sumatera Utara, yaitu Kartu Sumut Pintar untuk mempermudah masyarakat mengakses pendidikan, Kartu Sumut Sehat untuk membantu masyarakat mendapat akses fasilitas kesehatan. Kemudian Kartu Keluarga Sejahtera untuk jaminan hari tua nelayan dan petani.

“Ibu banyak hal yang akan kami buat untuk membantu meringankan beban masyarakat. Ada Kartu Sumut Sehat, Kartu Sumut Pintar dan Kartu Sumut Keluarga Sejahtera. Semua ini, nanti bisa dinikmati kalau Djarot dan Sihar terpilih. Jadi jangan lupa bu. Harus datang ke TPS dan pilih nomor dua,” pungkasnya.

Editor : Budi Warsito

Reporter : (pra/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Petani Curhat ke Sihar, Padinya Diserang Hama Hingga Gagal Panen