alexametrics

Puti Ingin Sekolah SMA/SMK Digratiskan

29 April 2018, 16:43:29 WIB

JawaPos.com – Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Jawa Timur (Jatim) nomer urut 2 Puti Guntur Soekarno mengunjungi warga RT 1 RW X Margorukun, Gundih, Surabaya, Minggu (29/4). Dalam kunjungannya, Puti melontarkan keinginannya terkait kemudahan akses pendidikan jenjang SMA/SMK.

Puti mengatakan, pendidikan jenjang SD dan SMP memang penting. Tapi, masih ada SMA/SMK dan perguruan tinggi. Karenanya, Puti ingin akses pendidikan ke jenjang SMA/SMK digratiskan.

“Jangan sampai anak-anak SMP tidak bisa meneruskan sekolah ke SMA/SMK. Jadi akses pendidikan SMA itu wajib,” kata Puti di RT 1 RW X Margorukun, Kelurahan Gundih, Surabaya, Minggu (29/4).

Puti berpendapat, akses pendidikan ke jenjang setelah SMP tersebut masih sangat sulit. Karena, menurutnya masih banyak anak-anak yang hanya lulusan SD atau SMP.

Sehingga, kualitas sumber daya Indonesia di beberapa bidang, kalah bersaing. “Padahal, Bu Mega selalu ingin Indonesia dapat bersaing dengan negara asing,” kata Puti.

Karenanya, Puti meminta dukungan warga Gundih pada pemilihan gubernur Juni mendatang. Untuk mewujudkan akses pendidikan gratis di jenjang SMA/SMK di Jawa Timur.

“Hari ini, saya mau menemani Bu Mega dan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini untuk belajar, melihat dan mengambil hal-hal positif. Sehingga akses SMA/SMK gratis dapat sama-sama kita perjuangkan untuk Jawa Timur,” katanya.

Sebagai informasi, Puti dan Calon Gubernur Jatim Saifullah Yusuf telah merumuskan rencana kebijakan pembebasan biaya pendidikan untuk SMA/SMK Negeri. Konsep pendidikan gratis itu dinamai “Dik Dilan”.

Komitmen tersebut dicantumkan dalam dokumen visi-misi keduanya yang diarahkan ke KPU Jatim. Puti dan Saifullah berharap, dengan program tersebut, anak-anak lulusan SMP bisa melanjutkan pendidikannya ke SMA/SMK.

Editor : Budi Warsito

Reporter : (HDR/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads
Puti Ingin Sekolah SMA/SMK Digratiskan