alexametrics

Hikmah: Banyak Dialog Konstruktif dengan Anas Selama di Banyuwangi

Bila Terpilih, Gus Ipul Tunjuk Anas Penasehat
29 Januari 2018, 11:51:37 WIB

JawaPos.com– Kunjungan bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno ke Banyuwangi, Minggu (28/1), seolah menjawab rasa penasaran publik. Keduanya bertemu dengan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. Anas sendiri sebelumnya mundur sebagai pendamping Gus Ipul, sapaan akrab Saifullah Yusuf.

Banyak yang menilai, pasca Anas mundur, dirinya tidak berkomunikasi lagi dengan Gus Ipul. Hal itu dibantah tim pemenangan Gus Ipul-Puti, Hikmah Bafaqih. “Sangat tidak benar. Justru banyak dialog, banyak diskusi membangun saat ketemu mas Anas,” terang Hikmah kepada JawaPos.com, Senin (29/1).

Hikmah sendiri mengaku terharu dengan sambutan Anas dan masyarakat Banyuwangi. Selama berada di Bumi Blambangan, Hikmah terus mengikuti rangkaian agenda Gus Ipul dan Puti. “Mas Anas terus mengantar kegiatan dari pagi sampai sore,” tutur Hikmah.

Hikmah: Banyak Dialog Konstruktif dengan Anas Selama di Banyuwangi
Bacawagub Jatim, Puti Guntur Soekarno, saat mengunjungi Banyuwangi (Tim sukses Gus Ipul - Puti)

Meskipun tidak jadi maju sebagai bacawagub Hikmah menegaskan bahwa dukungan Anas terhadap pemenangan Gus Ipul-Puti tidak berkurang. Gus Ipul pun tak segan untuk menunjuk Anas sebagai salah seorang penasehat apabila dirinya terpilih.

Menurut Hikmah, hal itu (menunjuk Anas sebagai penasehat, red) adalah sesuatu yang wajar. “Gus Ipul diskusi dengan mas Anas program-program Pemprov apa yang bisa selaras dengan program Pemkab. Tentunya pembagian porsinya sesuai dengan aturan yang ada,” imbuhnya.

Saat berkunjung ke pondok pesantren Ibnu Sina, Minggu (29/1), Gus Ipul sempat memuji Anas. “Bupati Banyuwagi, Pak Abdullah Azwar Anas ini adalah bupati paling sukses se Indonesia. Saya ingin belajar. Banyak capaian prestasi selama beliau memimpin Banyuwangi,” ujarnya.

Pria kelahiran Pasuruan itu melanjutkan, kesuksesan Anas memimpin Banyuwangi sudah diketahui banyak pihak. Maka tak heran apabila investor berdatangan ke Banyuwangi guna mitra kerja dan usaha. Kehidupan ekonomi masyarakat Banyuwangi perlahan mulai membaik. “Di beberapa bidang malah mengungguli kabupaten lain,” puji Gus Ipul.

Mendapat pujian tersebut, Anas tersenyum. Di bidang pariwisata, Banyuwangi sudah mendapatkan beberapa perhargaan.

Anas menegaskan jauh lebih mudah menggerakkan roda perekonomian masyarakat dengan manghabiskan dana di desa. “Sebab ujung-ujungnya adalah kehidupan masyarakat di tingkat bawah yakni pedesaan,” tegasnya

Anas menilai, hal paling penting dari kemajuan sebuah daerah adalah modal sosial yang terbangun. Untuk membangun modal sosial, Pemkab Banyuwangi suka rela mengeluarkan miliran rupiah untuk tertatanya kehidupan sosial yang tetap harmonis.

Setelah modal sosial terbangun, maka pemerintah tinggal membangkitkan semangat para kepala desa untuk ambil bagian dalam proses ini. “Semangat para kepala desa ini yang memperlancar nyaris semua program di Banyuwangi. Padahal tidak semua mereka paham IT,” sebutnya.

Editor : Soejatmiko

Reporter : (did/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Hikmah: Banyak Dialog Konstruktif dengan Anas Selama di Banyuwangi