JawaPos Radar

Pilpres 2019

Siap Tak Jadi Capres, Gerindra Sebut Prabowo Memang Negarawan

28/07/2018, 18:00 WIB | Editor: Estu Suryowati
Siap Tak Jadi Capres, Gerindra Sebut Prabowo Memang Negarawan
Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono saat menyambut kedatangan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Jakarta, Selasa (24/7). (Dery Ridwansah/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengaku siap jika tak diusung sebagai capres di Pilpres 2019. Bahkan, Prabowo menegaskan Gerindra tetap akan mendukung capres yang menggantikannya dalam koalisi penantang Joko Widodo (Jokowi).

Anggota Dewan Penasihat Partai Gerindra Muhammad Syafii menilai, ketua umumnya telah menunjukkan sikap kenegarawanan dengan legawa tidak diusung sebagai capres. Menurut Syafii, Prabowo telah menunjukkan kebesaran hati, mengutamakan kepentingan bangsa di atas kepentingan pribadi dan golongan.

"Pak Prabowo lebih mengutamakan bangsa da negara daripada ngotot dengan kepentingan sendiri. Itu bukti Pak Prabowo selalu mengalah untuk menjaga kepentingan bangsa dan kebersamaan," ujar pria yang akrab disapa Romo itu kepada JawaPos.com, Sabtu (28/7).

Lebih lanjut Romo mengatakan, apabila Prabowo tak jadi maju nyapres, kini koalisi harus memikirkan figur pengganti yang memiliki elektabilitas selevel dengan mantan Danjen Kopassus itu. Masalahnya, dari nama-nama yang bermunculan, elektabilitasnya masih di bawah Prabowo.

"Makanya, itu persoalannya kan. Faktor elektabilias harus menjadi pertimbangan," ucapnya.

Dalam sambutan Ijtima Ulama, Jumat (27/7) malam, Prabowo menyampaikan apabila ada figur yang lebih baik dari dirinya, maka ia siap untuk tidak dipilih. ‎"Kalau saya tidak dibutuhkan, dan ada orang lain yang lebih baik, saya pun siap mendukung," ujar Prabowo.

(gwn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up