alexametrics

Pemilu Serentak 2018, KPU Target Partisipasi 77,5 Persen

28 Juni 2018, 22:32:02 WIB

JawaPos.com – Pilkada Serentak 2018 yang menentukan kepala daerah kemarin (27/6) berlangsung cukup lancar. Meski banyak kekurangan, KPU optimis ada kenaikan partisipasi masyarakat. Hal itu diutarakan langsung oleh Ketua KPU Arif Budiman.

Arif Budiman menyatakan, dirinya menargetkan partisipasi pemilu serentak 2018 sebesar 77,5 persen. Meski, dia mengakui masih ada KPU provinsi di beberapa daerah yang belum menyetor hasil rekapitulasi suara.

“Saat ini (penghitungan suara) masih on going process. Tapi secara nasional, kami targetkan sebesar 77,5 persen,” kata Arif ditemui wartawan di rumah dinas Wali Kota Surabaya, Kamis (28/6).

Pemilu Serentak 2018, KPU Target Partisipasi 77,5 Persen
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dan Ketua KPU Arif Budiman berfoto bersama di rumah dinas wali kota Surabaya. (Aryo Mahendro/JawaPos.com)

Komisioner KPU Jatim Divisi SDM dan Parmas, Gogot Cahyo Baskoro menambahkan, ada peningkatan tingkat partisipasi masyarakat pada Pilgub Jatim 2018. Katanya, dari hasil penghitungan suara saat ini, tercatat tingkat partisipasi mencapai 66,90 persen.

Berbeda jika dibanding pilgub Jatim 2013 yang hanya tercatat 58,59 persen. Pada Pilgub Jatim 2008 putaran kedua pun, angkanya hanya tercatat 54,38 persen.

“Angka itu akan terus bergerak (berubah). Karena masih banyak kabupaten kota yang belum melaporkan atau menginput data tingkat partisipasi masyarakat,” jelas Gogot.

Ada dua faktor yang mempengaruhi prosentase tingkat partisipasi masyarakat pada pilgub Jatim tahun ini. Pertama upaya KPU yang menginstruksikan sosialisasi pemilu hingga ke level paling bawah. Yakni, hingga di tingkat KPPS atau keluarahan.

“Kami sosialisasi dengan mendatangi rumah para pemilih,” katanya.

Kedua, Gogot berpendapat, pilgub Jatim kali ini bertepatan dengan pemilihan kepala daerah setempat. Yakni, pemilihan wali kota (pilwali) dan bupati (pilbup).

Sehingga, lanjutnya, masyarakat tidak perlu datang ke tempat pemungutan suara lebih dari sekali. “Penyelenggaran pilgub, pilwali, dan pilgub itu justru mendorong tingkat partisipasi masyarakat,” katanya.

Editor : Budi Warsito

Reporter : (HDR/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Pemilu Serentak 2018, KPU Target Partisipasi 77,5 Persen