alexametrics

Khofifah Jawab Keluhan Kelompok Tani Bojonegoro

28 Mei 2018, 20:16:17 WIB

JawaPos.com – Calon Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa menyempatkan diri bertemu dengan gabungan kelompok tani dalam kunjungannya ke Kabupaten Bojonegoro, Senin (28/5).

Kesempatan bertemu dengan Khofifah, dimanfaatkan oleh para petani untuk mencurahkan keluhan mereka. Khofifah pun menampung sejumlah keluhan yang disampaikan oleh kelompok petani tersebut.

Salah satu keluhan yang mereka sampaikan yakni, sulitnya air di musim kemarau untuk mengaliri lahan sawah yang mereka garap. Hal itu merupakan permasalahan menahun yang menjadi polemik di Desa Ngumpakdalem, Kecamatan Dander, Bojonegoro.

Khofifah Jawab Keluhan Kelompok Tani Bojonegoro
Khofifah Indar Parawansa saat bertemu dengan kelompok tani di Desa Ngumpakdalem, Kecamatan Dander, Bojonegoro. (Yudi Handoyo/JawaPos.com)

Menanggapi keluhan itu, Khofifah pun menawarkan solusi untuk menanggulangi kekeringan air itu. Agar disaat kemarau air tetap mengaliri sawah petani. Pasangan Emil Dardak itu menyarankan, para petani harus rutin melakukan pengecekan fungsi saluran yang berada di embung-embung dan dam air yang berada di persawah para petani.

“Dam-dam penampung air yang sudah mulai rusak karena termakan usia, yang memang pembangunannya sejak peninggalan zaman belanda ini, harus segera direvitalisasi,” jelas Khofifah, di Bojonegoro, Senin (28/5).

Selain itu menurutnya, embung yang banyak dan selama ini tidak terurus harus segera diperbaiki. Sebab, permasalahan tersebut bisa menyebabkan kekeringan, sehingga berdampak pada gagal panen.

“Sudetan aliran Sungai Bengawan Solo juga harus dilakukan pembersihan secara berkala. Supaya tidak terjadi penyumbatan dialiran sungai yang menjadi sumber pengairan wilayah Bojonegoro,” tutupnya.

Editor : Budi Warsito

Reporter : (yud/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads
Khofifah Jawab Keluhan Kelompok Tani Bojonegoro