alexametrics

Khofifah Ajak Masyarakat Kota Gemar Berkebun Dengan Cara Hidroponik

28 Maret 2018, 19:19:22 WIB

JawaPos.com – Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut satu Khofifah Indar Parawansa kembali blusukan ke pasar tradisional. Kali ini, Khofifah menyapa para pedagang di pasar Wonokromo, Surabaya, Rabu, (28/3).

Dalam blusukan kali ini, selain untuk mendengar aspirasi para pedagang, Khoffiah juga ingin mengetahui stabilitas harga sembako di pasar-pasar tradisional.

“Setiap saya kunjungan, tempat pertama yang saya datangi mesti pasar. Karena saya ingin memastikan kebutuhan pokok warga terjamin distribusinya,” kata Khoffiah.

Khofifah Ajak Masyarakat Kota Gemar Berkebun Dengan Cara Hidroponik
Khofifah Indar Parawansa saat berbincang dengan pedagang tembikar Pasar Wonokromo, Rabu (28/3) (istimewa)

Benar saja, setalah kurang dari satu jam blusukan, mantan Menteri Sosial (Mensos) ini menemukan harga bahan pokok yang selalu naik setiap saat. Mulai dari beras, bawang, cabai, sampai daging. Menurut Khofifah, kenaikan tertinggi tentu dapat menyulitkan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-harinya.

Khofifah pun menyarankan agar masyarakat, utamanya yang tinggal di perkotaan bisa membiasakan diri menanam sayu-mayur dengan cara hidrophonik. Seperti komoditas cabai, tomat, seledri, maupun komoditas lainnya. Cara tersebut, kata Khofifh, masyarakat bisa lebih berdaya dan siap ketika menghadapi kenaikan harga. Apalagi, berkebun dengan cara hidroponik tidak membutuhkan lahan yang luas.

“Pasokan yang stabil dari petani memang menjadi kunci. Tapi semua orang harus bisa mandiri dengan memulai giat menanam dari rumahnya masing-masing. Jadi, mereka bisa panen setiap hari untuk memenuhi kebutuhannya sendiri,” terang Khofifah.

Ketua Umum Muslimat NU juga mengaku, dirinya telah mempraktekkan berkebun dengan dengan cara hidroponik dikediamannya sendiri. Meski hanya pohon cabai, kebun tersebut mampu memenuhi kebutuhan sehari-harinya.

“Kalau ada tamu datang mereka bisa membawa pot itu ke rumahnya. Ini juga bisa dipakai untuk konsumsi harian. Tidak butuh lahan yang luas. Jadi semua orang bisa melakukannya di rumah masing-masing,” pungkasnya.

Untuk diketahui, pasangan calon Gubernur – Wakil Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak maju dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2018 dengan dukungan 6 partai politik. Yakni, partai Demokrat (13 kursi), partai Golkar (11 kursi), Partai Amanat Nasional (7 Kursi), PPP (5 kursi), partai NasDem (4 kursi), dan partai Hanura (2 kursi).

Dalam pencalonannya paslon nomor urut 1 itu, menawarkan beberapa program kerja jika terpilih kelak. Program-program tersebut dikemas dengan sebutan Nawa Bhakti Satya.

Editor : Soejatmiko

Reporter : (mkd/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Khofifah Ajak Masyarakat Kota Gemar Berkebun Dengan Cara Hidroponik