alexametrics

Gus Ipul : Ke Depan TKI Tidak Sekadar Melempar Orang ke Luar Negeri

28 Maret 2018, 22:14:20 WIB

JawaPos.com– Calon gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf menghadiri Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) DPP Asosiasi Perusahaan Jasa Tenaga Kerja (APJATI), Rabu (27/3). Pria yang akrab disapa Gus Ipul itu banyak membahas soal TKI.

Dia mengungkapkan, pengiriman TKI ke luar negeri harus dipersiapkan dengan matang. Tidak hanya sekadar diberangkatkan, namun juga bisa diberi perhatian selama mereka bekerja di negeri orang. “Ke depan, TKI itu tidak sekadar melempar orang ke luar negeri. Sudah saatnya menjadikan pasar kerja internasional sebagai hal yang strategis,” ungkap Gus Ipul.

Pemerintah harus menyiapkan TKI menjadi tenaga kerja terampil. Sehingga konotasi TKI tidak lagi sebagai asisten rumah tangga. Melainkan bisa menjadi tenaga ahli di beberapa bidang.

Perbaikan sistem pengiriman ketenagakerjaan harus dilakukan mulai hulu hingga hilir. Caranya dengan memperbanyak pelatihan-pelatihan agar skil para TKI meningkat

Pelatihan tersebut harus dilakukan di kantong-kantong terbanyak pengiriman TKI. Berdasar dikantongi Gus Ipul, beberapa kabupaten yang banyak menyumbang TKI adalah Tulungagung, Ponorogo, Jember dan di Madura.

Selain pelatihan, Gus Ipul juga menekankan pentingnya perlindungan bagi para TKI. Dia berkomitmen untuk menjamin keselamat para pahlawan devisa tersebut. “Perlindungan ini tidak hanya untuk TKI melainkan juga bagi keluarga mereka yang ditinggalkan di rumah,” tegas pria asal Pasuruan tersebut.

Dari catatan yang ada, saat ini jumlah TKI asal Jawa Timur mencapai 216 ribu. Ada empat negara yang menjadi tujuan terbanyak perantauan mereka. Yakni, Hongkong, Korea, Malaysia dan Arab Saudi. (did/JPG)

Editor : Soejatmiko

Reporter : (did/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Gus Ipul : Ke Depan TKI Tidak Sekadar Melempar Orang ke Luar Negeri