alexametrics

Muslimat NU Banyuwangi Dukung Gus Ipul-Mbak Puti di Pilgub Jatim

28 Januari 2018, 18:00:53 WIB

JawaPos.com – Pengurus Cabang (PC) Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) Banyuwangi dengan tegas menyatakan dukungannya pada Gus Ipul-Puti Guntur Soekarno pada Pilgub Jawa Timur 2018.

Pernyataan dukungan tersebut disampaikan langsung oleh Ketua PC Muslimat Banyuwangi, Hj Ma’mulah Harun dalam Pertemuan Halaqoh Kabangsaan di Pondok Pesantren Ibnu Sina, Banyuwangi, Minggu, (28/1) yang dihadiri oleh kader PKB, PDI Perjuangan, PKS, Partai Gerindra dan ribuan masyarakat se-Kabupaten Banyuwangi.

“Saya sebagai Ketua Panitia hanya ingin mengingatkan semua yang hadir untuk mengamankan amanat para kiai. Saya sendiri Ketua PC Muslimat Banyuwangi. Saya sami’na wa atho’na dengan mandat para ulama,” kata Ma’mulah dalam sambutannya.

Selain itu, ribuan kader-kader Nahdliyin dari semua tingkatan serta dari semua banom seperti GP Ansor, Muslimat, Fatayat, IPNU, IPPNU juga mengikuti acara baiat yang disaksikan langsung oleh Ketua DPW PKB Jatim, Abdul Halim Iskandar dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. Para kader NU itu bertekad untuk memenangkan pasangan Gus Ipul-Mbak Puti. 

Tekat itu juga disampaikan oleh Ketua DPC PKB Banyuwangi Joni Subagyo yang secara terbuka memberi garansi bagi kemenangan koalisi PKB, PDI Perjuangan, PKS dan Partai Gerindara dalan Pilgub. Ia pun optimistis, pasangan Gus Ipul-Mbak Puti bisa menang mutlak di Banyuwangi. 

InsyaAllah garansi menang. Banyuwangi akan kita jadikan daerah kekuasaan Gus Ipul-Mbak Puti,” seru kader NU yang menyebut dirinya Abah Joni itu.

Sementara itu, Pengasuh Ponpes Ibnu Sina, KH Masykur Ali menegaskan, pilihan dukungan pada pasangan Gus Ipul-Mbak Puti bukan tanpa alasan. Alasan utamanya, lanjut Masykur, karena adanya sanad keilmuan, ideologi, biologis. 

“Gus Ipul sanadnya jelas. Para ulama bermujahadah dan beristikharah untuk memenangkan Gus Ipul. Jangan sampai Gus Ipul kalah. Itu artinya menjatuhkan martabat para kiai. Mbak Puti juga garis keturunannya jelas. Gus Ipul mewakili relijius, sedang Mbak Puti mewakili nasionalis,” kata dia.

Memenangkan Gus Ipul-Mbak Puti, imbuhnya berarti tujuannya untuk mempertahankan manhaj ahlslussunnah wa jamaah. Tak ada pilihan bagi Banyuwangi selain memenangkan Gus Ipul.

Hal senada juga disampaikan oleh Halim Iskandar. Ia mengatakan, pasangan Gus Ipul-Mbak Puti sudah memenuhi syarat rukun untuk menang di Pilgub Jatim kali ini.

Ia mengungkapkan kalau Gus Ipul itu didukung penuh oleh 33 kiai sepuh di Jatim. “Ini dalam rangka menjalankan mandat NU. Keberadaan Gus Ipul sebagai calon itu didukung oleh ulama sepuh,” tambahnya.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (mkd/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Muslimat NU Banyuwangi Dukung Gus Ipul-Mbak Puti di Pilgub Jatim