alexametrics

Gus Ipul Kepincut Desa Cerdas Banyuwangi

28 Januari 2018, 17:31:32 WIB

JawaPos.com – Bakal calon gubernur (Bacagub) Jawa Timur (Jatim) Saifullah Yusuf menegaskan bakal mengusung program pembangunan wilayah dengan gagasan desa cerdasnya.

Sewaktu mengunjungi Banyuwangi, Minggu (28/1) pria yang akrab disapa dengan Gus Ipul ini mengatakan ketertarikannya dengan konsep serupa yang diterapkan di Banyuwangi. Pasalnya konsep desa cerdas tersebut dirasa memudahkan masyarakat dalam sejumlah pelayanan.

“Terus terang saya terinspirasi oleh kisah sukses Pak Bupati Banyuwangi soal program desa cerdas. Saya ingin program yang sukses di sini, bisa diprogramkan secara merata di seluruh Jatim. Dengan menggunakan teknologi, kita bisa membantu masyarakat dapat lebih mudah menyelesaikan problem kehidupan sehari-hari,” katanya di Banyuwangi, Minggu (28/1).

Dengan penerapan desa cerdas, diharapkan tercipta sentra-sentra pertumbuhan ekonomi di banyak titik di Jawa Timur. Semakin banyak sentra ekonomi, kata dia, maka akan menjadi daya tarik bagi masyarakat untuk berusaha menjangkau kawasan-kawasan tersebut.

“Dengan teknologi, kita tak perlu ke Surabaya. Misalnya cukup ke Jember atau Malang,” tambahnya.

Sebelumnya, konsep desa cerdas pertama kali digagas Gus Ipul bersama tim relawannya dan Bacawagub Jatim Puti Guntur Soekarno di Jember. Gagasannya adalah pelayanan publik yang efisien dan praktis. Maksudnya, pelayanan birokrasi yang tidak mengharuskan masyarakat mengurus ke pusat kota.

Menurutnya, konsep birokrasi online yang dijalankan pemerintah provinsi Jawa Timur melalui Pusat Pelayanan Perijinan Terpadu (P2T) di dinas-dinas perlu dikembangkan. Pasalnya penerapan pelayanannya hanya terpusat di satu kantor, sehingga mengharuskan masyarakat datang ke Surabaya.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (HDR/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads
Gus Ipul Kepincut Desa Cerdas Banyuwangi