alexametrics

KPU Mulai Siapkan Daftar Nama Caleg Terpilih

27 Juli 2019, 18:08:39 WIB

JawaPos.com – KPU hanya punya waktu singkat sejak putusan MK dibacakan untuk menetapkan konfigurasi kursi dan calon terpilih. Untuk itu, daftar nama calon terpilih pun mulai disiapkan agar sewaktu-waktu KPU tinggal menetapkan. Bila ada perubahan konfigurasi akibat putusan MK, tinggal memasukkan nama atau konfigurasi yang dimaksud dalam amar putusan.

Hingga kemarin (26/7), Mahkamah Konstitusi telah menyelesaikan pembuktian untuk 83 permohonan sengketa hasil Pileg 2019. “Untuk sidang berikutnya agenda pengucapan putusan,” terang Ketua Panel 2 MK Aswanto. Selebihnya, perkara-perkara yang belum disidangkan pembuktiannya akan dijadwalkan pekan depan.

Antara 31 Juli sampai 5 Agustus mendatang, sembilan hakim konstitusi menggelar rapat permusyawaratan hakim untuk memutus perkara-perkara yang ada. Selanjutnya, pada 6-9 Agustus, putusan akan dibacakan di ruang rapat pleno utama MK.

Pasca putusan, KPU harus segera menetapkan konfigurasi kursi dan calon terpilih. Berdasar jadwal, konfigurasi kursi DPR dan DPD harus sudah ditetapkan paling lambat 12 Agustus. Pun demikian dengan calon terpilih DPRD provinsi di 28 provinsi dan DPRD kabupaten/kota di 193 wilayah. “Jadi, tidak ada niatan atau tindakan KPU untuk menunda-nunda tahapan,” terang Komisioner KPU Hasyim Asy’ari kemarin. Sebab, tahapan tersebut sudah tercantum dalam PKPU.

Setelah penetapan, KPU akan langsung membuat usulan pelantikan. Pada DPRD kabupaten/kota, usulan disampaikan ke gubernur. Sementara itu, untuk DPRD provinsi, usulan disampaikan kepada Mendagri. Sedangkan pengusulan pelantikan DPR dan DPD diajukan kepada presiden. Dari situ, tugas KPU selesai.

Hasyim yakin tidak butuh waktu lama untuk menetapkan SK gubernur maupun Mendagri sebagai dasar pelantikan anggota DPRD. “Gubernur dan Mendagri sudah tahu persis administrasi dan prosedurnya,” ujarnya.

Dengan begitu, anggota DPRD bisa dilantik tepat waktu. DPRD yang akhir masa jabatannya lebih dulu daripada putusan MK pun tidak perlu menunggu lama untuk pengisian jabatan.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : (byu/c17/fat)



Close Ads