alexametrics

Tarik Minat Warga, TPS di Malang Sajikan Konsep Sepak Bola

27 Juni 2018, 12:22:23 WIB

JawaPos.com – Beragam cara unik dilakukan oleh panitia Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk menarik minat agar warga mau menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu serentak 2018. Salah satunya, seperti yang terlihat di TPS 8, Kelurahan Penarukan, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang. 

Semua panitia TPS mengenakan atribut Piala Dunia. Para petugas mengenakan jarsey dari beragam negara. Petugas yang bertugas di depan juga mengenakan kostum negara yang mereka jagokan. 

Ada yang dari Brasil, Inggris, Belanda dan Portugal. Penampilan mereka semakin meyakinkan, karena dilengkapi dengan atribut Piala Dunia seperti mengenakan topi bercorak warna-warni. 

Tarik Minat Warga, TPS di Malang Sajikan Konsep Sepak Bola
Petugas di TPS mengenakan kostum bola untuk menarik minat warga menyalurkan hak pilih (ANTIKA HAPSARI/JAWAPOS.COM)

Ketua TPS 8, H Ahmad Muhammad Humala, menjelaskan, mereka sengaja mendekor lokasi pemilihan dengan unik. Tujuannya, untuk menarik minat pemilih agar datang ke TPS dan mengunakan hak suaranya. 

“Agar unik, warga juga antusias untuk memilih. Jadi kami sengaja membuat konsep ini,” kata laki-laki yang biasa disapa A’em itu, ditemui di Cafe Kampoeng Brick, yang menjadi lokasi TPS. 

Kakek satu cucu itu menjelaskan, mereka sengaja menggunakan topi berwarna-warni, agar netral. Pasalnya, jika menggunakan warna tertentu, khawatir dianggap mendukung salah satu pasangan.  

Cara ini, menurutnya terbukti efektif. Lebih dari 50 persen pemilih dari total 468 orang, sudah mengunakan hak pilih mereka di Pilkada serentak 2018 dan Pilkada Jatim. 

Salah satu warga, Anis Diana Wati mengapresiasi TPS unik itu. Didekorasi dengan tema piala dunia, membuat dia dan suaminya antusias datang ke TPS. 

TPS itu memang dikenal kerap menghadirkan konsep yang unik. Pernah ketika Pilbup, menghadirkan tema tradisional. “Jadi antusias datang, karena ingin tahu konsep apa yang disajikan,” tandasnya.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : (tik/JPC)

Tarik Minat Warga, TPS di Malang Sajikan Konsep Sepak Bola