JawaPos Radar

Jaga Pilkada Papua, Mabes Polri Siagakan Personel Tambahan

27/06/2018, 11:44 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Jaga Pilkada Papua, Mabes Polri Siagakan Personel Tambahan
Ilustrasi pasukan TNI dan Polri di Papua (Dok. JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Pengamanan di wilayah Papua diperketat jelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2018 Rabu besok, (27/6). Itu pasca penembakan pesawat brimob yang dilakukan kelompok separatis di Bandara Keneyam, Kabupaten Nduga kemarin, Senin (25/6).

"Tentunya personel kita pertimbangkan untuk di (tambah) dan dari Mabes Polri kita siap, kemanapun diperlukan kita siap," kata Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Pol Setyo Wasisto di kantornya, Kebayoran Baru, Jakarta, Selasa (26/6).

Ya, pihaknya bahkan sudah menyiapkan personel dari Jakarta untuk diterbangkan ke Papua. "Di Jakarta kita siap siagakan, yang jelas pokoknya kita siap untuk membackup daerah-daerah, mudah-mudahan tidak ada apa-apa," sebut Setyo. 

Dia berharap agar pilkada di Papua berlangsung dengan lancar. "Kita harus hati-hati jangan sampai korban lagi, itu yang penting, tentunya kita berharap pelaksanaan pilkada di sana dapat berlangsung tepat waktu dan aman, itu yang penting," tuturnya. 

Pasalnya akibat kejadian penembakan itu, distribusi logistik pilkada di Papua sempat terganggu. "Mudah-mudahan ini sekarang bisa kondusif dan besok sudah serentak bersama saudara kita seluruh Indonesia yang melaksanakan pilkada ada 171 daerah bisa bersama-sama," harap anak buah Kapolri Jenderal Tito Karnavian itu.

Sejauh ini, Polri masih memburu kelompok yang melakukan penembakan ke pesawat yang disewa untuk mengangkut Brimob. "Sekarang kita cari pelakunya dulu ya.Taksirannya sekitar tujuh dan delapan orang ya," sebut Setyo. 

Dicurigai, mereka adalah kelompok yang sama yang sebelumnya menembaku Pesawat Twin Otter Dimonim Air PK-HVU pada Jumat (22/6) di lokasi serupa. "Diyakini kelompok yang sama," pungkas Setyo.

(dna/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up