alexametrics

Eksepsi KPU Diterima, Perjuangan JR Saragih Kandas di PTTUN

27 Maret 2018, 17:55:04 WIB

JawaPos.com – Jopinus Ramli Saragih harus kembali menglus dada. Pasalnya, gugatannya ke Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTTUN) Kota Medan terkait sengketa Pemilihan Gubernur Sumatera Utara (Sumut) tidak diterima.

Dengan hasil tersebut, JR Saragih – Ance Selian gagal menjadi Pasangan Calon Gubernur Sumut.Majelis hakim yang diketuai Bambang Edy Soetanto menerima eksepsi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut.

“Menerima eksepsi tergugat (KPU Sumatera Utara) dalam pokok perkara dan menyatakan gugatan penggugat tidak dapat diterima,” ujar Ketua Majelis Hakim Bambang dalam persidangan di PTTUN, Selasa (27/3).

Eksepsi KPU Diterima, Perjuangan JR Saragih Kandas di PTTUN
Ance Selian saat menemui pendukungnya usai pembacaan putusan gugatan JR Saragih di PTTUN Medan, Selasa (27/3). (Prayugo Utomo/JawaPos.com)

Gugatan itu tidak diterima karena dianggap prematur. Usai membaca putusan majelis hakim menutup persidangan. Dalam persidangan, hanya Ance Selian dan kuasa hukumnya yang tampak hadir. Sedangkan JR Saragih tidak tampak di persidangan.

Sementara dari kubu KPU Sumut, hanya dihadiri Ketua KPU Sumut Mulia Banurea yang didampingi kuasa hukumnya Hadiningtyas.

Usai mendengarkan putusan, Ance mendatangi para pendukungnya yang sudah menunggu. Dia meminta seluruh pendukung tetap kondusif pascaputusan itu.

Sementara itu, Kuasa Hukum KPU Sumut Hadiningtyas mengatakan, dalam eksepsinya KPU Sumut menyampaikan bahwa pengajuan gugatan oleh pasangan JR Saragih-Ance Selian ke PTTUN Kota Medan tidak diterima karena beberapa tahapan terkait sengketa pemilu masih berjakan di Bawaslu.

Sesuai putusan Bawaslu Sumut, akhir putusan itu adalah tanggal 16 Maret. Namun mereka mendaftarkan gugatan pada 7 Maret. “Artinya, pada masa itu masih ada proses administrasi yang sedang berlangsung di Bawaslu. Sehingga mereka belum mempunyai kepentingan untuk memajukan gugatan,” kata Hadiningtyas usai persidangan.

Editor : Budi Warsito

Reporter : (pra/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads
Eksepsi KPU Diterima, Perjuangan JR Saragih Kandas di PTTUN