alexametrics

Djarot Diyakini Bisa Selesaikan Konflik Lahan di Sumut

27 Maret 2018, 23:08:33 WIB

JawaPos.com – Calon Gubernur (Cagub) Sumatera Utara (Sumut) Djarot Saiful Hidayat diyakini dapat menyelesaikan persoalan sengketa tanah di eks HGU PTPN II. Hal itu diungkapkan Anggota DPR RI Irmadi Lubis pada acara syukuran panen padi dan tepung tawar tanam padi di lapangan sepakbola Kampung Kolam, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Senin (26/3).

“Jika terpilih menjabat Gubernur Sumatera Utara, kita yakin Pak Djarot akan mengatasi sengketa lahan tersebut,” ucap Irmadi dalam keterangan yang diterima, Selasa (27/3).

Irmadi menyebut, luas lahan eks HGU PTPN II sebesar 5.470 hektar dikuasai pengusahan dan oknum-oknum tertentu. Sementara masyarakat, pensiunan yang di awal dijanjikan pemerintah sebagai penerima lahan, malah sama sekali tidak kebagian.

Irmadi juga mempertanyakan kemana tanah itu didistribusikan pasca diserahkan ke negara pada 2002 lalu. “Dan Djarot Saiful Hidayat dengan itikad baik akan menyelesaikan persoalan sengketa tanah di eks HGU PTPN II. Itulah antara lain tugas Djarot Syaiful Hidayat sebagaimana diamanatkan Ketum PDIP Megawati,” katanya.

Sementara, Djarot Saiful Hidayat dihadapan warga mengatakan, pertanian, pendidikan dan kesehatan menjadi prioritasnya membangun Sumut lebih hebat lagi ke depan. Pemerintah katanya, harus hadir memberikan jaminan harga.

“Membuat stabil harga Harus ada campur tangan pemerintah supaya petani tidak merugi. Kalau petani rugi, terlilit utang maka tidak bisa menanam kembali padi. Kalau tidak ada yang menanam padi, impor lagi,” ujar Djarot.

Dalam kesempatan itu, Djarot Saiful Hidayat yang berpasangan dengan Sihar Sitorus menginginkan pemilih cerdas pada Pilkada serentak di Sumut 27 Juni 2018 mendatang. Memilih bukan karena dirinya suku Jawa, tapi karena melihat rekam jejak, berpengalaman atau tidak.

“Indonesia mini itu ada di Sumatera Utara. Segala suku ada di sini. Ini namanya Bhinneka Tunggal Ika. Makanya hidup rukun dan harmonis. Pemimpin itu harus adil, memperhatikan memperhatikan semua etnis yang ada serta berpengalaman,” ungkapnya.

Seperti diketahui, Djarot Saiful Hidayat berpengalaman di birokrasi (pemerintahan). Beliau dinilai berhasil saat menjabat Wali Kota Blitar 2 periode tahun 2000 hingga 2010. Lalu menjabat Wakil Gubernur dan Gubernur DKI Jakarta. Selain eksekutif, Djarot juga berpengalaman di kursi legislatif.

Dalam kesempatan itu, Djarot menikmati makan siang dan berbaur bersama masyarakat setempat. Djarot pun disuapi makanan yang telah disiapkan sebagai tanda simpatik warga.

Editor : Budi Warsito

Reporter : (pra/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Djarot Diyakini Bisa Selesaikan Konflik Lahan di Sumut