alexametrics

Siap Warnai Pilgub Jatim, PSI Isyaratkan Dukung Khofifah-Emil

27 Februari 2018, 05:20:00 WIB

JawaPos.com – Setelah resmi ditetapkan sebagai partai peserta Pemilu 2019 dengan nomor urut 11, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) siap mewarnai gelaran Pilkada serentak 2018. Tidak terkecuali Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2018.

Ketua DPW PSI Jatim, Sobikin Amin mengatakan, sebagai partai baru dan tidak ikut dalam pengusungan pasangan calon (Paslon), partai berbasis milenial itu siap memeberikan dukungan pada salah satu paslon yang maju.

Meski belum resmi, dukungan tersebut mengarah pada paslon Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak. Alasannya, sosok Emil sangat merepresentasikan kalangan milenial. 

“Harus diakui, Emil Dardak memberikan pengaruh banyak pada DPD (PSI). Kita tahu, potensi pemilih muda sangat besar, ini yang akan jadi fokus kita,” kata Sobikin seusai acara syukuran di kantornya, Surabaya, Senin, (26/2).

Dijelaskan Sobikin, dukungan PSI Jatim  berdasarkan aspirasi dari seluruh DPD PSI se-Jatim. Yang dihasilkan melalui polling dukungan paslon. Hasilnya, cukup berimbang. Seperti, yang mendukung paslon A, ada 21 DPD dan 17 ke calon B. Hasil polling tersebut telah diserahkan ke DPP.

“Hasil polling-nya sudah dikirim ke DPP semua. Memang, hasil polling sangat kompetitif karena dipengaruhi background masing-masing pengurus di setiap daerah,” terangnya.

Kendati demikian, lanjut Sobikin, semua keputusan resminya ada ditangan ketua umum DPP PSI Grace Natalie. Namun, secara prinsip, PSI akan mendukungan calon yang memiliki kesamaan DNA. Yakni anti korupsi, merawat keberagaman atau toleransi.

“Dua variabel ini jadi utama polling DPD. Tapi, penentuan arah dukungan Pilgub Jatim kita serahkan ke DPP.  Kami akan berjalan sesuai arahan pimlinan pusat,” pungkasnya.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (mkd/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Siap Warnai Pilgub Jatim, PSI Isyaratkan Dukung Khofifah-Emil