alexametrics

Puti Berbincang dengan Netizen Sambil Nyruput Kopi Ijo Tulungagung

27 Februari 2018, 21:46:53 WIB

JawaPos.com – Kunjungan calon wakil gubernur Jatim Puti Guntur Soekarno ke Kabupaten Tulungagung tidak disia-siakan olehnya untuk mencicipi kopi. Selasa (27/2), Puti mampir ke sebuah kedai di Bolorejo, Kauman, untuk menyesap cita rasa kopi ijo, khas kota marmer tersebut.

Saat berada di kedai itu, Puti begitu teliti mengamati Kopi Ijo. Biji kopi ijo itu disangrai setengah matang. Ketika disajikan, aroma Kopi Ijo terasa khas. “Hemmmm.., beda aromanya. Enak dan khas rasanya,” ucap Puti.

Beberapa tahun belakangan, kopi menjadi komoditas penting dalam pertumbuhan ekonomi kreatif. Tidak hanya untuk keperluan rumah tangga, atau disajikan di warung-warung, tetapi telah disajikan pada kedai dan gerai, mal, dan hotel-hotel mewah.

Di Tulugagung, Puti juga bertemu dengan anak-anak muda, pengelola kafe. Mereka juga aktif di dunia maya atau biasa disebut netizen. Puti sempat membahas soal ekonomi kreatif bersama para netizen.

Perempuan asal Jakarta itu menceritakan tentang aneka jenis kopi dari berbagai daerah di Nusantara. Ada kopi Aceh, Toraja, Jawa, Kintamani, dan Papua, dan masih banyak lagi. “Ini semua hasil bumi, dari kekayaan Nusantara. Kemudian, karena kreativitas anak-anak jaman now bisa diracik, bisa diolah, menjadi sajian yang menyenangkan. Kopi telah menggerakkan ekonomi kreatif kita,” tutur Puti.

Selain nyruput kopi, Puti juga sempat mencoba membuat hiasan busa kopi atau yang dikenal dengan latte art. “Saya mencoba bikin latte art, bentuk hati, ternyata sulit sekali ya. Tapi jadi lho bikinan saya,” ujarnya lantas tertawa.

Salah seorang pemilik kedai, Pak Yun, mengatakan ciri khas dari Kopi Ijo juga terletak pada cangkirnya. Bentuknya kecil, bulat, kemudian dihilangkan pada pegangannya. “Sehari kami bisa habis 25 kilogram,”  terangnya kepada Puti.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (did/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads
Puti Berbincang dengan Netizen Sambil Nyruput Kopi Ijo Tulungagung