alexametrics

Kunjungi Kampung Osing, Puti: Kebudayaan Harus Tetap Dilestarikan

27 Januari 2018, 21:20:18 WIB

JawaPos.com – Bakal calon gubernur Jawa Timur, Puti Guntur Soekarno melakukan safari ke Banyuwangi, Sabtu (27/1). Salah satu tempat yang dikunjunginya adalah kampung adat suku Osing, di Desa Kemiren, Glagah. Di sana, Puti nampak luwes menarikan tari Gandrung.

Kabupaten Banyuwangi memang memelihara kampung adat Osing. Pemerintah Daerah setempat membantu anggaran pada warga yang mempertahankan model rumah adat. 

Setibanya di sana, cucu Bung Karno itu disambut ramah. Alunan gamelan khas Banyuwangi pun mengalun syahdu. Masyarakat setempat juga menyambut Puti dengan makanan khas yang disajikan berjejer di atas tikar.

Tak berselang lama setelah Puti tiba, beberapa penari cantik keluar. Mereka menari tarian Gandrung dengan lagu tradisional Umbul-Umbul Blambangan

Puti pun tergoda untuk ikut menari. Dia tak sungkan berbaur dengan penari. Gerakannya begitu gemulai, luwes, layaknya seorang penari profesional.

Selepas menari, Puti mengatakan pentingnya menjaga kebudayaan asli sebuah daerah. “Kita harus bangga dengan kepribadian kita, Bangsa Indonesia. Sebagai angkatan muda, saya tidak ingin meninggalkan adat tradisi dan kebudayaan kita sendiri. Dalam kebudayaan bangsa Indonesia itu, Bung Karno menggali dasar negara kita, Pancasila,” katanya.

Alumnus Universitas Indonesia itu melanjutkan, semua punya tugas untuk melestarikan budaya, yang menjadi bagian jiwa Indonesia. “Seperti tertulis dalam lagu Indonesia Raya, bangunlah jiwanya, bangunlah badannya. Saya ingin masyarakat Jawa Timur hidup bahagia dengan budayanya,” lanjut dia. 

Puti mengutip ajaran Trisakti, yang diwariskan Bung Karno. Ajaran tersebut mengajarkan bahwa kebudayaan harus tetap dilestarikan. “Yakni, berdaulat di bidang politik, berdikari di bidang ekonomi dan berkepribadian dalam bidang kebudayaan,” tuturnya.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (did/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads
Kunjungi Kampung Osing, Puti: Kebudayaan Harus Tetap Dilestarikan