alexametrics

88 Persen Napi Di Sumut Dipastikan Tidak Ikut Nyoblos

26 Juni 2018, 23:40:37 WIB

JawaPos.com – Nara Pidana (Napi) di Sumatera Utara (Sumut) terancam tidak memilik hak pilih. Dari DPS yang diajukan oleh Kemenkumham Sumut, hanya 12 persen yang masuk menjadi data pemilih.

DPS yang diajukan oleh Kanwil Kemenkumham Sumut sebesar 31.189 orang. Namun yaang masuk dalam daftar pemilih sebesar 4.889 orang.

Hal itu, diungkapkan Humas Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Wilayah Sumatera Utara, Josua Ginting. Namun, dirinya mengatakan bahwa, pihaknya siap menyukseskan Pilkada serentak 2018 di Sumatera Utara.

Dengan jumlah itu, terdapat 26.300 orang sesuai dengan DPS diajukan oleh Kemenkuham Sumut tidak memiliki hak suara pada Pilkada Sumut ini. Namun, Josua mengungkapkan, tidak mengetahui apa alasan puluhan ribuan narapidana itu tidak dapat memilih dengan menggunakan hak suaranya.

Sementara, dari Rutan, cabang Rutan dan Lapas se-Sumatera Utara menyiapkan 24 TPS. Namun dia tidak memungkiri, masih banyak rutan dan Lapas yang tidak punya TPS khusus.

‎”Kalau ada TPSnya petugas kita bantu menjadi petugas PPS. Bila tidak ada TPS-nya tidak lah,” tutur Josua.

Josua mengungkapkan, ‎Unit pelayan terpadu tidak memiliki TPS seperti Rumah Tahan Negara (Rutan) Kelas IA Tanjung Gusta Medan. Untuk pencoblosan akan dilakukan kordinasi dengan petugas PPS setempat.

“Ya, petugas PPS setempat atau terdekat datang ke Rutan Kelas I‎A Medan mendatangi membawa surat suara dan bilik suara untuk digunakan wargabina,” kata Josua.

Editor : Budi Warsito

Reporter : (pra/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
88 Persen Napi Di Sumut Dipastikan Tidak Ikut Nyoblos