alexametrics

Gus Ipul Ingin UMKM Jatim Naik Kelas

26 Mei 2018, 23:12:56 WIB

JawaPos.com – Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) telah lama menjadi perhatian berbagai pihak. Salah satunya, calon gubernur Jawa Timur nomor urut 2 Saifullah Yusuf. Pria yang akrab disapa Gus Ipul tersebut berkeinginan UMKM di Jawa Timur naik kelas. 

Menurut Gus Ipul, ada sejumlah faktor yang harusnya mampu mendongkrak eksistensi UMKM di Jawa Timur. Antara lain, UMKM mampu menyumbang Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) sebanyak 54 persen. 

“Ini adalah panggung bagi UMKM Jatim. Acara ini adalah upaya mendorong UMKM ke kancah yang lebih tinggi,” kata Gus Ipul di DBL Arena, Sabtu (26/5). 

Gus Ipul
Gus Ipul sewaktu mengunjungi stand pameran (dok. Timses Media Gus Ipul-Puti)

Kemudian, UMKM juga telah mampu menyerap tenaga kerja yang jumlahnya cukup besar. Yakni, 97 persen angkatan kerja. Hanya, lanjutnya, UMKM belum efisien secara produksi. 

Padahal, jika produksinya sudah efisien, harga produk UMKM dapat terjangkau tanpa mengurangi kualitas. “Sehingga, mampu bersaing dan mampu mengimbangi permintaan konsumen,” kata Gus Ipul. 

Di sisi lain, dia melihat masih ada optimisme di kalangan pelaku UMKM. Menurutnya, optimisme tersebut terlihat saat ia melihat sejumlah stand UMKM pada acara Berkah Ramadhan Tahunan di DBL Arena 

“Meski saya tak bisa ngobrol banyak dengan para pengusaha ini, tapi ketika melihat tampilan stand mereka, di situ saya melihat ada semangat,” katanya. 

Sementara itu, Sekretaris Himpunan Pengusaha Nahdliyin (HPN) Jawa Timur, KH Roni Syahroni mengatakan, pihaknya menggelar acara tersebut sebagai media silaturahim antar pelaku UMKM. Selain itu, dia berharap acara tersebut juga bermanfaat bagi masyarakat. 

Terutama, masyarakat yang ingin berbelanja kebutuhan selama bulan Ramadan. “Semoga dengan acara ini HPN bisa memberikan manfaat kepada masyarakat untuk memenuhi kebutuhan Ramadhannya,” kata Roni. 

Sebagai informasi, acara Berkah Ramadan yang digelar HPN dan Jazeerah Production dikemas dengan tema ‘BRaG Kapal Api 2018’. Acaranya digelar hari ini hingga 9 Juni mendatang. Pengunjung tak dipungut biaya masuk, alias gratis.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (HDR/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Gus Ipul Ingin UMKM Jatim Naik Kelas