alexametrics

Sihar Diminta Datangkan Jokowi ke Sari Rejo

26 Maret 2018, 12:09:23 WIB

JawaPos.com – Konflik lahan di Kelurahan Sari Rejo, Kecamatan Medan Polonia, Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut), hingga kini belum terselesaikan. Masyarakat masih terus memperjuangkan lahan mereka.

Berbagai cara sudah dilakukan masyarakat. Termasuk pengaduan ke semua instansi terkait. Selanjutnya, warga meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) turun tangan untuk membantu penyelesaikan konflik.

Minggu (25/3) kemarin, warga Sari Rejo menggelar pertemuan dengan Calon wakil Gubernur Sumut Sihar Sitorus. Kesempatan itupun dimanfaatkan warga untuk menyampaikan segala keluh kesahnya. Mereka ingin Sihar menjadi mediator untuk mempertemukan masyarakat dengan Jokowi.

“Kami harapkan bapak sebagai mediator hadirkan Pak Presiden dan bertemu dengan kami. Karena gubernur belum tentu bisa menyelesaikan masalah yang kami hadapi. Hanya Presiden yang bisa menuntaskan konflik ini,” ungkap Moses yang mewakili warga saat pertemuan.

Konflik yang masuk ke ranah hukum itu telah berkekuatan hukum tetap. Mahkamah Agung (MA) menetapkan lahan di Kelurahan Sari Rejo adalah milik warga. Namun keputusan tersebut tak membuat konflik berhenti. Hingga warga yang telah mendiami lahan sejak 1948 itu tak tahu harus mengadu ke mana lagi. “Ini juga sesuai dengan program Presiden RI Jokowi yang memberikan sertifikat tanah bagi masyarakat,” ujarnya.

Setidaknnya ada 28 ribu jiwa lebih yang mendiami Kelurahan Sari Rejo itu. Berbagai fasilitas agama, kesehatan, hingga pendidikan pun telah berdiri di wilayah tersebut.

Sementara usai mendengar keluhan warga, Sihar menegaskan bahwa hal inilah yang mendasari pihaknya mengusung tagline Semua Urusan Mudah dan Transparan. Ia akan berupaya menyampaikan konflik berkepanjangan yang dihadapi warga untuk mendapat pengakuan atas kepemilikan lahannya.

“Saya coba mediasikan dengan Pak Presiden. Namun hal tersebut tak mudah. Ada tahapan yang harus dilalui. Tahapan utama, ayo menangkan DJOS,” ujar Sihar yang disambut teriakan warga Djoss.

Sumut yang memiliki tingkat kebahagiaan terendah menunjukkan bahwa masih banyak tekanan hidup yang dihadapi masyarakat. Sihar lantas mengajak masyarakat untuk menggunakan hak suara dan menangkan DJOSS pada Pilgub Sumut 2018.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : (pra/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Sihar Diminta Datangkan Jokowi ke Sari Rejo