alexametrics

Gus Ipul Membatik Bareng Perajin di Sumenep

26 Maret 2018, 20:54:43 WIB

JawaPos.com — Calon gubernur Jawa Timur, no urut 2,  Saifullah Yusuf mengunjungi sentra batik tulis di Desa Pakandangan Barat, Kecamatan Bluto, Kabupaten Sumenep, Senin (26/3). Di sana, pria yang akrab disapa Gus Ipul itu mencoba memraktikkan penggunaan canting dengan menggores malam di atas kain mori.

Sebelum mencoba, cagub nomor urut dua itu dengan saksama memerhatikan para perajin batik. Tak lama berselang, dia lantas mengambil sebuah canting. Ia bersiap menggoreskan malam. “Maaf, saya tak jajal (Maaf, saya perbolehkan untuk mencoba),” kata Gus Ipul kepada seorang pengerajin.

Gus Ipul memilih menggambar pola bunga dalam batiknya tersebut. Sebuah pola bergambar bunga lengkap dengan kelopak hingga benang sarinya.

Gus Ipul Membatik Bareng Perajin di Sumenep
Cagub Jatim, Saifullah Yusuf, menunjukkan hasil batikannya di perajin batik di Sumenep, Senin (26/3) (istimewa)

Meskipun berhasil menuntaskan gambarnya, dia mengaku kesulitan. Hasil goresan cantingnya sedikit berbeda dengan para perajin. “Membatik ini bukanlah perkara mudah. Perlu keahlian tertentu. Namun, saya melihat sendiri para perajin sudah sangat profesional bisa membatik dengan sangat cepat,” ungkap Gus Ipul

Pria asal Pasuruan itu mengatakan bahwa perajin bisa dipoles apabila sudah terlatih secara profesional. Pelatihan itulah yang dibutuhkan untuk pengembangan sebuah UMKM.

Dia mengapresiasi para perajin batik yang terus meningkatkan pasar sekaligus permintaan. Serta, dengan persediaan bahan baku yang cenderung bisa dipenuhi. “Serta untuk pembiayaan juga demikian. Relatif tak ada masalah. Ini adalah salah satu peluang yang bisa dimanfaatkan untuk menyerap lapangan kerja,” ucapnya.

Bersama Puti, Gus Ipul siap mendorong pasar batik untuk bisa memenuhi pasar ekspor. Syaratnya, kualitas produksinya harus bisa terpenuhi.

Oleh sebab itu, untuk memenuhi kebutuhan lapangan kerja sekaligus meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) pemerintah provinsi di bawah kepemimpinan Gus Ipul kelak akan menjalankan program Superstar. Program Superstar merupakan kepanjangan dari Sentra UMKM, dan Pemberdayaan Start Up. Sentra-sentra UMKM akan dikembangkan dengan intiplasma yang terintegrasi dengan kluster industri pengolahan.

Melalui program ini, pemerintah akan banyak melakukan pendampingan kepada sektor UMKM terutama yang berbasis perempuan. Pendampingan tak hanya dilakukan dalam bentuk pelatihan tenaga kerja, namun juga pemberian modal bagi pengerajin. “Industri kreatif di Jawa Timur, khususnya batik merupakan salah satu aspek yang menjanjikan bagi Jawa Timur. Oleh karenanya, wajib kita jaga,” papar mantan Ketua Umum GP Ansor itu.

Di dalam kunjungannya kali ini, Gus Ipul juga menyempatkan untuk membeli salah satu koleksi kerajinan setempat. “Inilah salah satu komitmen kami untuk terus membantu perekonomian keluarga, khususnya perempuan melalui pemberdayaan UMKM,” pungkasnya.

Editor : Soejatmiko

Reporter : (did/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads
Gus Ipul Membatik Bareng Perajin di Sumenep