alexametrics

Gus Ipul Akui Kecantikan Ukiran Karduluk

26 Maret 2018, 23:54:51 WIB

JawaPos.com – Disela kunjungannya ke Kabupaten Sumenep, Madura, Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut dua Saifullah Yusuf (Gus Ipul) menyempatkan diri untuk melihat langsung sentra ukir di Desa Karduluk, Kecamatan Pragaan, Sumenep, Senin (26/3). Gus Ipul pun mengaku kagum dengan keindahan hasil ukiran yang dihasilkan para pengrajin.

Salah seorang pengusaha mebel dan kerajinan ukiran setempat, Slamet Riyadi, menceritakan jumlah pengrajin di wilayahnya berjumlah 3 ribu.Tidak hanya dinikmati di Indonesia, produk ukiran Karduluk juga samai diekspor hingga ke Eropa, Amerika, dan Timur Tengah.

“Tiap harinya omzetnya bisa mencapai ratusan juta tiap harinya,” kata Riyadi.

Gus Ipul Akui Kecantikan Ukiran Karduluk
Saifullah Yusuf menunjukkan hasil karya para perajin kayu desa Kaduluk, Kecamatan Pragaan, Sumenep, Senin (26/3) (istimewa)

Riyadi melanjutkan, hasil ukiran Karduluk memiliki ciri khas tersendiri. Berbeda dengan ciri ujiran khas Jawa maupun Bali. Menurut dia, di Jawa bagian timur khas macam ukirannya ala Mojopahitan, sementara Jawa bagian barat khas Pajajaran. Lalu di Bali, khas barongan dan hinduisme.

“Macam ukirannya pun beragam. Dimulai dari cnyior omdong (gambarnya pohon merambat biasanya melingkar), kelampokan (daunnya besar) maupun daun panging (menumpul di ujungnya),” jelasnya.

Hanya saja, ia mengeluhkan, dibanding daerah Jepara, ukiran Karduluk masih jauh belum dikenal. Produksi di Karduluk masih terbatas, karena desanya kecil. Sementara Jepara sendiri, untuk produki ukirannya dibantu oleh daerah sekitar lainnya, dimulai dari Kudus, Pati dan Rembang.

Menjawab hal itu, Gus Ipul menawarkan berbagai macam solusi. Bersama Puti Guntur Soekarno, ia berkomitmen untuk mendorong ekonomi kreatif kerajinan ini. Dimulai dari bantuan permodalan dengan bunga yang ringan dan pendampingan

“Juga tentunya kita akan menerapkan digital marketing. Sehingga komoditas kerajinan kita akan mampu dikenal khalayak luas,” kata Gus Ipul.

Tak hanya berdialog dengan para pengrajin dan pengusaha ukiran. Gus Ipul juga melihat-lihat ukiran di Pulau Garam. Di antara lukisan yang menarik hatinya, akhirnya paslon nomor dua memutuskan untuk membeli tiga lukisan. Di antaranya yang bermotif karapan sapi, cendrawasih dan lahfadz kalimat tauhid “Laila ha Ilallah.

Editor : Soejatmiko

Reporter : (mkd/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Gus Ipul Akui Kecantikan Ukiran Karduluk