alexametrics

KPU Siapkan Jurus Pamungkas Hadapi Kisruh Ijazah JR Saragih

26 Februari 2018, 22:59:50 WIB

JawaPos.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara (Sumut) akan memakai jurus pamungkas untuk menjawab pertanyaan dari kuasa hukum JR Saragih pada musyawarah sengketa Pemilihan Gubernur Sumut di Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sumut, yang akan digelar, Selasa (27/2) besok.

Pihak KPU Sumut sudah menyiapkan sejumlah fakta yang akan dibuka pada musyawarah keempat. Salah satunya adalah, video saat KPU mendatangi Dinas Pendidikan Jakarta untuk meminta klarifikasi soal legalisir ijazah JR Saragih.

“Seluruh tahapan sudah kami lakukan. Dan sudah memiliki alat bukti yang detil. Sehingga kami memutuskan bahwa saudara JR Saragih tidak memenuhi syarat,” kata Ketua KPU Sumut Mulia Banurea, di Kantor KPU Sumut, Senin (26/2).

Sejak persidangan pertama pun, KPU tidak menggunakan jasa pengacara. Karena dari lima komisioner, tidak ada perbedaan pendapat saat memutuskan JR Saragih tidak memenuhi syarat.

Pada musyawarah sebelumnya, sempat terjadi perdebatan antara KPU dan Kuasa hukum JR Saragih soal beda tafsir tentang PKPU nomor 3 tahun 2017 dan Undang-undang Nomor 10 tahun 2016 soal syarat pencalonan. Saksi ahli yang didatangkan pun mengatakan, hal itu yang menjadi pokok masalah. Sedangkan KPU menegaskan tidak ada pertentangan antara PKPU dan Undang-undang.

KPU Sumut juga akan menerangkan surat dari Kepala Dinas Pendidikan Jakarta yang diserahkan Partai Demokrat ke pihaknya. Fakta itu akan dijelaskan pada persidangan besok. KPU Sumut juga disebut-sebut akan menghadirkan sejumlah saksi.

Namun ketika ditanyakan apakah saksi yang dihadirkan dari pihak Disdik DKI Jakarta, KPU emggan membebernya. “Besok kita akan paparkan penegasan itu dalam persidangan besok. Bahwa surat yang kami terima dari dinas itu ada penguatannya lagi,” sambung Komisioner KPU Benget Silitonga.

Editor : Budi Warsito

Reporter : (pra/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
KPU Siapkan Jurus Pamungkas Hadapi Kisruh Ijazah JR Saragih