alexametrics

Ridwan Kamil Tunjuk Eks Pimpinan KPK, Pemprov Jabar Siap Bersinergi

25 Juli 2018, 05:36:05 WIB

JawaPos.com – Pemerintah Provinsi Jawa Barat siap menyambut tim sinkronisasi yang ditunjuk Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar terpilih, Ridwan Kamil – Uu Ruzhanul Ulum. Hal itu dikatakan Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Barat Iwa Karniwa saat ditemui di Bandung, Selasa (24/7).

Iwa mengatakan, dalam rangka kesinambungan antara visi-misi gubernur dan wakil gubernur terpilih, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Ridwan Kamil.

“Gubernur terpilih akan memberikan kepercayaan pada tim sinkronisasi untuk melakukan komunikasi dengan kami,” ujarnya sebagaimana dilansir RMOl Jabar (Jawa Pos Grup).

Dia menilai, tim sinkronisasi yang akan diketuai Erry Riyana Hardjapamekas itu sudah sesuai hak dan kewenangan Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum. Sebagai Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Jabar, Iwa memastikan menunggu tim 10 yang dibentuk diumumkan.

“Kami selaku Ketua TAPD sangat menyambut apa yang menjadi harapan gubernur dan wakil gubernur terpilih,” katanya.

Pihaknya juga memastikan koordinasi tim sinkronisasi dengan Pemprov Jabar sudah memiliki dasar hukum yang kuat, yakni Pemendagri Nomor 38/2018 tentang Pedoman Penyusunan APBD 2018 yang memungkinkan pembahasan mengakomodasi program prioritas serta visi-misi kepala daerah terpilih.

“Atas dasar peraturan tersebut, komunikasi saya selaku ketua TAPD punya landasan hukum yang jelas,” katanya.

Iwa mengakui sinkronisasi lebih banyak difokuskan pada penyusunan anggaran 2019 yang memuat program kerja, juga penyusunan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Jabar 2019-2023.

Meski demikian, pihaknya juga akan berupaya agar program jangka pendek pasangan terpilih bisa masuk dalam pembahasan APBD Perubahan 2018.

“Masih dimungkinkan, beberapa hal terkait visi-misi khususnya program 100 hari gubernur dan wakil gubernur terpilih untuk masuk. Sejauh ini bisa saya pastikan koordinasi sudah berjalan dengan baik,” tuturnya.

Selain persoalan anggaran dan program, Pemprov Jabar juga kini mempersiapkan sejumlah kebutuhan yang diperlukan dalam pelantikan pasangan terpilih yang rencananya akan digelar 17 September mendatang.

“Seiring penetapan gubernur dan wakil gubernur terpilih oleh KPU, kami juga mempersiapkan pelantikan. Tim sinkronisasi ini bekerja sampai gubernur dan wagub terpilih dilantik,” pungkasnya.

Editor : Fersita Felicia Facette

Reporter : (mam/jpg/ce1/JPC)



Close Ads
Ridwan Kamil Tunjuk Eks Pimpinan KPK, Pemprov Jabar Siap Bersinergi