JawaPos Radar

Pilpres 2019

Prabowo: Modal Calon Bupati Miliaran, Padahal Hanya Digaji Rp 7 Juta

25/06/2018, 16:30 WIB | Editor: Estu Suryowati
Prabowo: Modal Calon Bupati Miliaran, Padahal Hanya Digaji Rp 7 Juta
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kanan) bertemu dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (kiri) di rumah dinas Ketua MPR, Senin (25/6). Prabowo menyebut modal calon bupati miliaran rupiah, padahal hanya digaji Rp 6-7 juta. (Dery Ridwansah/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra)‎ Prabowo Subianto mengeluhkan mahalnya biaya politik di Indonesia. Bahkan orang yang ingin menjadi kepala daerah harus memiliki modal yang cukup banyak.

Prabowo mencontohkan, orang yang ingin menjadi bupati harus merogoh kocek tak sedikit, bahkan hingga miliaran rupiah. Padahal saat terpilih, si kepala daerah itu hanya mendapatkan gaji berkisar Rp 7 juta.

"Bupati-bupati kita, saya cek ke mana-mana, gajinya Rp 6 juta, Rp 7 juta. Dia kampanye harus keluarkan mungkin belasan miliar, dari mana Saudara-saudara?" ujar Prabowo Subianto dalam pidato politiknya di kediaman Ketua MPR Zulkifli Hasan, Kompleks Widya Chandra, Jakarta, Senin (25/6).

Prabowo: Modal Calon Bupati Miliaran, Padahal Hanya Digaji Rp 7 Juta
Memasuki hari keempat penggalangan dana melalui @GALANGPERJUANGAN, dana yang terkumpul sekitar Rp 300 juta. (Dery Ridwansah/JawaPos.com)

Dengan kondisi itu, maka dirinya meminta masyarakat untuk membantu biaya politik Partai Gerindra lewat #GALANGPERJUANGAN, sehingga masyarakat bisa ikut berpartisipasi.

"Ya akhirnya terpaksa Gerindra minta ke rakyat langsung," katanya.

Prabowo juga tidak mempermasalahkan apabila aksi galang donasi ini ditiru oleh Partai Amanat Nasional (PAN). Sebab dia tahu untuk ikut kontestasi politik di Indonesia sangat mahal.

"Tapi nanti PAN nyontek lagi (galang donasi). Tapi enggak apa-apa kalau demi kebaikan‎," pungkasnya.

Sebagai informasi, lantaran mahalnya biaya Pilpres 2019, Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Prabowo Subianto meluncurkan gerakan donasi @GALANGPERJUANGAN.

Prabowo mengumumkan gerakan itu lewat pidato politiknya yang diunggah dalam akun Facebook resmi miliknya. Video itu berdurasi 19.46 menit.

"Melalui akun Facebook ini secara resmi saya umumkan peluncuran sebuah aplikasi sarana penggalangan dana yang secara khusus diperuntukkan guna mendukung perjuangan politik kita demi perbaikan kondisi bangsa, negara, dan rakyat Indonesia," ujar Prabowo, Jumat (22/6).

Sementara itu Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani menyampaikan, hingga Minggu (24/6) malam, dana yang dikumpulkan dari masyarakat dan simpatisan Prabowo dan Gerindra sudah mencapai Rp 296 juta. "Sampai tadi malam donasi dari diluncurkan sudah mencapai Rp 296 juta. Tertinggi penyumbang Rp 15 juta, terendah penyumbang Rp 1.000," ujar Muzani.

"Itu dari berbagai macam, aneka rupa‎, aneka lapisan masyarakat yang memberikan support terhadap perjuangan itu," tambahnya.

(ce1/gwn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up