alexametrics

Kader Hanura Dukung DJOSS, Hanura Sumut: Mungkin Ada yang Merekayasa

25 Mei 2018, 16:05:44 WIB

JawaPos.com – Media sosial kembali diramaikan dengan beredarnya video diduga kader Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) membelot mendukung Pasangan Calon (Paslon) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus. Padahal, partai yang dinahkodai Oesman Sapta Odang itu sudah menyatakan dukungannya ke pasangan Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah (ERAMAS).

Penelusuran JawaPos.com, video itu diposting oleh akun Instagram @badjoepoetih. Video berdurasi 15 detik itu menunjukkan sejumlah orang yang berdiri memakai seragam Hanura dan mendeklarasikan dirinya mendukung pasangan DJOSS.

“Kami PAC Partai Hanura Kabupaten Tapanuli Tengah, siap memenangkan dan mendukung, pasangan nomor dua,” begitu suara yang terdengar dari dalam video yang dibagikan sekitar 18 jam lalu itu. Hingga kini video itu sudah ditonton sekitar 55 orang.

Terkait dengan video itu, Sekretaris DPD Hanura Sumut Edison Sianturi yang dikonfirmasi menyatakan dirinya sudah mengetahui kabar video itu. Namun, pihaknya masih menelusuri kebenaran kabar soal membelotnya para kader.

“Kita kan harus jernih melihat persoalannya. Apakah mereka ini murni kader Hanura atau ada yang merekayasa,” kata Edison kepada JawaPos.com, Jumat (25/5).

Dia juga mengaku kabar itu membuat heboh di kalangan internal Partai Hanura. Edison pun mengungkapkan, pihaknya akan segera mengklarifikasi kebenaran video itu dan akan menemui langsung pengurus PAC yang ada di Tapanuli Tengah.

“Semalam sudah heboh kabar itu. Saya akan turun langsung ke Tapteng untuk cari tahu soal itu. Kalau PAC ini kan tidak merta merta kita salah kan, bisa saja mereka tidak tahu dan tidak paham,” pungkasnya.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, ada 20 PAC Hanura Tapteng yang memberikan dukungannya kepada pasangan Djarot-Sihar. Namun, saat akan dikonfirmasi kepada Ketua DPC Partai Hanura Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani, yang bersangkutan tidak merespon pesan yang dikirimkan kepadanya.

Untuk diketahui, soal alih dukungan ini seolah jadi trend dalam beberapa bulan terakhir. Beberapa komunitas relawan yang mengklaim mendukung ERAMAS malah balik memberi dukungan kepada DJOSS. Dari beberapa komunitas bahkan mengklaim membawa massa ribuan.

Fenomena sebaliknya jug terjadi. Ada juga relawan dari DJOSS yang menyebrang mendukung ERAMAS.

Editor : Budi Warsito

Reporter : (pra/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Kader Hanura Dukung DJOSS, Hanura Sumut: Mungkin Ada yang Merekayasa