alexametrics

Dini Hari, Khofifah Blusukan di Pasar Induk Gadang

25 Mei 2018, 11:37:04 WIB

JawaPos.com – Calon Gubernur (Cagub) Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa kembali blusukan di pasar tradisional. Tapi kali ini tidak dilakukan pada siang atau sore hari. Melainkan pada dini hari.

Jumat (25/5) dini hari, Khofifah menyambangi Pasar Induk Gadang, Kota Malang. Dia sengaja mengunjungi pasar tersebut pada dini hari. Karena memang pasar induk mulai beroperasi pada dini hari.

Ketua Umum PP Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) itu langsung berkeliling setibanya di pasar. Serta terjadi perbincangan ringan dengan pedagang dan pengunjung pasar.

Pada kesempatan ini, Khofifah kembali menyoroti soal pembenahan infrastruktur pasar tradisional. “Hampir semua pasar tradisional yang saya datangi, saya melihat bahwa pembenahan infrastruktur sangat-sangat jarang. Lihat di beberapa titik seperti lapak ikan, sayur dan buah, masih becek. Ada juga genangan air. Padahal nggak musim hujan,” ujar Khofifah.

Hal itu menunjukkan bahwa pembenahan infrastruktur pasar tradisional harus menjadi prioritas. Karena orang-orang yang bertransaksi di pasar pasti dari lintas kabupaten/kota.

Untuk itu, Khofifah ingin agar pasar-pasar tradisional bisa menyiapkan layanan publik yang lebih sehingga memberikan kenyamanan dan keamanan. Baik bagi penjual maupun pembeli di pasar tradisional.

“Kami harus mengkoordinasikan dengan pemerintah kabupaten/kota di mana pasar tradisional berada,” kata perempuan yang berpasangan dengan Cawagub Jatim Emil Elestianto Dardak itu.

Selain terkait pembenahan fasilitas, Khofifah juga menyinggung masalah penyalur Kredit Usaha Rakyat (KUR). Harus ada bank-bank yang membuka layanan di pasar tradisional.

“Karena kami melihat di pasar tradisional kategorinya mereka masuk usaha kecil dan menengah. Ini yang difasilitasi pemerintah dengan interest tujuh persen per tahun. Itu ada di dalam KUR,” ungkap Khofifah.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : (fis/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Dini Hari, Khofifah Blusukan di Pasar Induk Gadang