alexametrics

PMII Jatim Pastikan Organisasi Alumni Hanya IKA-PMII

25 Maret 2018, 16:02:25 WIB

JawaPos.com — Pengurus Koordinator Cabang (PKC) Pegerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Jawa Timur mengaku geram atas ulah sekelompok pemuda yang mencatut nama PMII lalu memberikan dukungan kepada salah satu pasangan calon Gubernur dan Wakilnya.

Ketua PKC PMII Jatim, Abdul Ghani menegaskan, sekelompok masa yang mengatasnamakan Jaringan Alumni Muda PMII (JAMPI) itu tidak ada kaitannya sama sekali dengan organisasi PMII mapaun organisasi alumni. Sebab, wadah resmi alumni hanya ada Ikatan Alumni PMII (IKA-PMII).

“Kalau mengaku organisasi alumni, saya pastikan itu abal-abal, yang resmi hanya ada PMII sebagai wadah kader dan IKA-PMII untuk para alumni,” tegas Ghoni, kepada JawaPos.com, Minggu, (25/3).

Ghoni menilai, aksi dukungan Jampi pada salah satu paslon itu  merupakan upaya untuk memecah belah PMII dan IKA-PMII. Menurut Ghoni, secara organisasi, PMII dilarang keras ikut dalam politik praktis. Namun, pihaknya juga memberikan kebebasan kepada kadernya untuk menggunakan hak politiknya dengan syarat tidak mencatut organisasi.

Ghoni pun tidak memungkiri, saat ini, arus dukungan kader PMII cukup kuat ke Khofifah Indar Parawansa. Itupun hanya dukungan pribadi-pribadi, karena Khofifah adalah salah satu senior dari PMII. Sebab, Khofifah merupakan satu-satunya kandidat yang berasal dari PMII. Khofifah sendiri tercatat sebagai Ketua Cabang PMII Surabaya dan merupakan ketua cabang PMII perempuan pertama di Indonesia.

“Secara organisasi, PMII tidak terlibat dalam dukung mendukung calon. Tapi setiap kader berhak menentukan pilihan politiknya. Sebagai kader, kita pasti mendukung senior kita sendiri. Dan itu terbukti, saat ini mayoritas kader PMII memang mendukung Bunda Khofifah, karena ada ikatan ideologi,” terang Ghoni.

Oleh karena itu, Ghoni mendesak IKA-PMII Jatim agar menertibkan siapapun oknum yang mencatut nama PMII dan alumni PMII yang dapat mencoreng citra organisasi.

“IKA PMII Jatim harus segera mengkonfirmasi pada oknum yang mengatas namakan alumni PMII, karena sekali lagi saya tegaskan organisasi alumni hanya IKA PMII. Dan IKA-PMII sebagai organisasi alumni tidak punya kapasitas melakukan dukungan pada paslon gubernur Jatim manapun,” pungkasnya.

Sebelumnya, puluhan pemuda mengatasnamakan Jaringan Alumni Muda PMII (Jampi) menyatakan dukungan pada pasangan Saifullah Yusuf – Puti Guntur Soekarno. Menariknya, Jampi juga memberikan gelar pada Gus Ipul, sebagai bapak pergerakan. Padahal, Gus Ipul adalah alumni HMI.

Editor : Soejatmiko

Reporter : (mkd/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
PMII Jatim Pastikan Organisasi Alumni Hanya IKA-PMII