alexametrics

Nonton Wayang Kulit di Ponorogo, Khofifah Ingin Budaya Dilestarikan

25 Maret 2018, 15:19:01 WIB

JawaPos.com – Disela kunjungan ke Kabupaten Ponorogo, Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut 1, Khofifah Indar Parawansa menyempatkan diri nonton bareng Wayangan bersama warga desa Gelangkulon, Ponorogo, Sabtu (24/3) malam.

Kedatangan Khofifah bersama ketua tim pemenangan, M. Roziqi disambut hangat warga yang sedang menikmati hiburan pembuka wayang dengan Dalang Ki Rudi Gareng. Pada kesempatan itu, Mantan Menteri Sosial (Mensos) itu pun mendapatkan kesempatan memberikan sambutan.

Khofifah mengatakan, kesenian wayang merupakan salah satu cara menyampaikan pesan yang efektif ke masyarakat. Dengan wayang, masyarakat juga lebih bisa memahami apa yang disampaikan.

“Ini kalo dengan wayangan rasanya sosialisasi kebijakan kepada masyarakat itu makin mudah. Saya dulu paling sering di Kementerian Sosial, sosialisasi Hari Kepahlawanan itu repot. Tapi kalau sosialisasi dengan wayang itu nyambung,” ungkap Menteri Sosial 2014-2018 tersebut.

Oleh karena itu, lanjut Khofifah, melestarikan kesenian wayang adalah kewajiban bersama, sehingga budaya wayang dan lainnya bisa tetap terjaga dan bertahan sebagai identitas kearifan lokal. Selain itu, hal tersebut juga bisa membantu mencetak regenerasi, kesejahteraan seniman dan budayawan lokal.

“Kita ingin bangun Jatim Harmoni antara lain kalau para seniman-seniman apakah di perwayangan, warenggono, ludrukan, gamelan, budaya reog. Artinya kekayaan kita luar biasa dan budayawannya luar biasa. Ini harus nyambung dengan kajian pemerintah,” sambungnya.

Sementara itu, Dalang Ki Rudi Gareng menyampaikan salam sambutan dari seluruh seniman Ponorogo kepada Ketua Umum Muslimat NU ini. “Pada malam hari ini bu, teman-teman dalang dan seniman Ponorogo menyambut, menyampaikan selamat datang di Ponorogo,” ucap Ki Rudi.

Sambutan itu pun, ditimpali dua pelawak wayang Cak Yudho dan Mio. Cak Yudho dan Mio memberikan pantun khusus untuk pasangan nomor satu di Pilgub Jatim 2018 ini.

“Setelah saya selidiki bu Khofifah. Sosialisasi, hari jadi dan apapun. Kita kalau enggak ngewayang itu rugi,” kelakar Cak Yudho “Aku ada pantun. Tuku janur sak rigi, pilih gubernur ya nomor siji,” sambung Mio.

Cak Yudho pun ikut menyaut pantun. “Tuku janur di Kota Batu, Jawa Timur ya tetep nomor satu. Tuku janur janure enggal, pilih Gubernur nomor setunggal,” timpalnya disambut tawa dan tepuk tangan warga.

Cak Yudho pun ikut mempromosikan Khofifah sekaligus dan mengatakan siap mengawal suara nomor satu pada tanggal 27 Juni nanti. Khofifah-Emil dinilai pemimpin yang pas untuk memimpin Jawa Timur.

“Seorang ibu itu kasih sayangnya sepanjang masa. Wes ngedukung ibu mimpin Jawa Timur masyarakatnya pasti diayomi seperti anaknya sendiri,” pungkas Cak Yudho.

Editor : Soejatmiko

Reporter : (mkd/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Nonton Wayang Kulit di Ponorogo, Khofifah Ingin Budaya Dilestarikan