JawaPos Radar

Pasangan Sihar Sitorus Prioritaskan Juga Disabilitas

25/02/2018, 10:27 WIB | Editor: Soejatmiko
Pasangan Sihar Sitorus Prioritaskan Juga Disabilitas
Sihar Sitorus bersama penyandang disabilitas, Sabtu (24/2) (Budi Warsito/jawapos.com)
Share this image

JawaPos.com -- Calon Wakil Gubernur Sumatera Utara (Cawagub Sumut) Sihar Sitorus menyatakan penanganan kaum disabilitas haruslah menjadi skala prioritas.

Karena baginya, para penyadang disabilitas memiliki hak –hak yang harus dipenuhi layaknya masyarakat pada umumnya. 

Sihar yang diusung PDI Perjuangan dan PPP mendampingi Djarot Saiful Hidayat menilai, saat ini diberbagai daerah di Sumut masih sangat minim fasilitas yang ramah bagi penyandang disabilitas. Contohnya saja untuk fasilitas umum seperti jalan raya, taman, toilet dan masih banyak fasilitas umum lainnya tidak mengakomodir kebutuhan disabilitas.
 

“Hal ini tentu menjadi perhatian kita. Karena itu kedepan, kita akan bekerjasama dengan pemerintah kabupaten kota untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan ini. Karena dari segi penggunaan kawasan fasilitas umum banyak yang menjadi milik kabupaten kota,” paparnya, Sabtu (24/2).


Sihar mengungkapkan, di Perpustakaan daerah Sumut  yang berada di Kota Medan juga masih belum mengakomodir kebutuhan kaum disabilitas. Padahal peruntukan perpustakaan tersebut bukan hanya untuk masyarakat normal. Tetapi juga untuk masyarakat yang menyandang disabilitas.


“Pembenahannya harus bertahap, dan kita akan akomodir kebutuhan kaum disabilitas. Sebab saya beberapa kali bertemu dengan para penyandang cacat. Khususnya cacat fisik yang berjuang sendiri dalam menjalani hidupnya,” katanya. 


Ditegaskan olehnya, penyandang disabilitas tidak boleh di nomor duakan. Melainkan harus sama-sama di prioritaskan. Karena kebutuhan tersebut adalah hak hidup dan bertahan hidup. Tanggung jawab tersebut bukan hanya pada keluarga tetapi juga untuk pemerintah.


Sementara itu, salah seorang penyandang disabilitas, Elyas Pranata Purba yang merupakan warga Berastagi, Kabupaten Karo yang sempat ditemui Djarot dan Sihar mengatakan, perhatian pemerintah terhadap penyandang disabilitas harus lebih ditingkatkan. Kedatangan dia menemui pasangan DJOSS pun didasari semangat untuk mendukung perubahan.

 
Elyas yang sehari-hari aktif dalam kegiatan seni mengungkapkan bahwa, dirinya berjuang untuk bisa datang dan menemui Djarot dan Sihar. Karena baginya, ada harapa baru yang ditawarkan pasangan Djarot-Sihar. “Saya datang dengan semangat. Apabila nanti sudah terpilih mohon berikan perhatian kepada kami para penyandang disabilitas,” tandasnya.

(bew/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up