alexametrics
Pilpres 2019

Didukung Ahokers, Ma’ruf Amin Sebut Cerita Tentang Fatwa Telah Usai

24 September 2018, 14:30:15 WIB

JawaPos.com – Arah dukungan Ahokers alias pendukung mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di Pilpres 2019 masih menjadi tanda tanya. Meski disebut memiliki kedekatan dengan Joko Widodo (Jokowi), nyatanya belum ada deklarasi resmi dari Ahokers untuk pasangan petahana.

Inisiator Relawan Nusantara (Relanu) Nusron Wahid memastikan Ahokers yang tergabung dalam kelompok relawannya sepakat mendukung Jokowi-Ma’ruf di Pilpres 2019. Kepastian ini bahkan telah disampaikan langsung kepada Ma’ruf.

“Ahokers dari sayap Islam akan bekerja dan berkoordinasi untuk memenangkan Kiai Ma’ruf Amin menjadi Wakil Presiden periode 2019-2024 dan Pak Jokowi periode ke-2,” ujar Nusron di Jalan Situbondo Nomor 12, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (24/9).

Politikus Partai Golkar itu menceritakan, sempat ada perdebatan sebelum memutuskan mendukung Jokowi-Ma’ruf. Sebab, pada masa lalu Ma’ruf merupakan pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang menerbitkan fatwa Ahok sebagai penista agama.

“Setelah kami yakinkan tentang posisi Kiai Ma’ruf Amin, Alhamdulillah teman-teman Relawan Nusantara menerima dan mau memberikan dukungan pada Pak Kiai Ma’ruf Amin,” sambungnya.

Di sisi lain, Ma’ruf sendiri menegaskan tidak memiliki masalah apapun dengan Ahokers. Cerita di masa lalu dipastikan telah usai. Sekarang semuanya sepakat untuk membangun keutuhan bangsa.

Selain itu Ma’ruf pun merencanakan akan mengadakan pertemuan khusus dengan Ahokers. Agendanya yakni dialog bersama membahas kepentingan bangsa.

“Mungkin Pak Nusron ingin nanti saya bertemu mereka secara khusus. Kalau secara umum di berbagai forum biasa. Kalau secara khusus perlu ada pertemuan. Dan saya sangat gembira,” pungkas Ma’ruf.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : (sat/JPC)

Didukung Ahokers, Ma'ruf Amin Sebut Cerita Tentang Fatwa Telah Usai