alexametrics

Malam Ini ERAMAS Ditetapkan Jadi Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut

24 Juli 2018, 18:49:33 WIB

JawaPos.com – Pasangan Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah (ERAMAS) akan ditetapkan menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara (Sumut) , Selasa (24/7) malam. Penetapan ini akan dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut.

Penetapan dilakukan, seiring tidak adanya gugatan dari pihak manapun ke Mahkamah Konstitusi (MK). Hal itu ditandai dengan adanya surat yang ditujukan ke KPU dari pihak MK.

Komisioner KPU Sumut, Yulhasni mengatakan, penetapan ini juga sebagai tindak lanjut dari Surat KPU RI nomor 739/PY.03-SD/03/KPU/VII/2018 per tanggal 23 Juli 2018.

Dimana surat tersebut berisikan tentang penetapan pasangan calon terpilih tanpa permohonoan perselisihan hasil pemilihan Gubernur dan Wakil gubernur, bupati dan wakil bupati dan /atau walikota dan wakil wali kota tahun 2018 di Mahkamah Konstitusi.

Sesuai dari surat Panitera MK, ada 70 permohonan perselisihan hasil pemilu serentak 2018 se Indonesia. Bagi daerah yang tidak masuk dalam surat itu, harus langsung menetapkan calon gubernurnya.

“Artinya tidak ada gugatan atas hasil Pilgub Sumut 2018 ke MK. Sehingga kita akan menetapkan calon terpilih,” katanya, Selasa (24/7).

Setelah proses penetapan, KPU akan menyerahkan hasilnya kepada DPRD. Nantinya, akan dilakukan serangkaian proses sampai menuju pelantikan.

“Kalau itu sudah bukan ranah kami lagi nantinya, karena KPU itu hanya menyelenggarakan tahapan hingga adanya pasangan terpilih,” pungkasnya.

Editor : Budi Warsito

Reporter : (pra/JPC)

Malam Ini ERAMAS Ditetapkan Jadi Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut