JawaPos Radar

Pilpres 2019

Kata OSO, Satu Nama Cawapres Itu Bikin Jokowi Cekikikan

24/07/2018, 15:30 WIB | Editor: Estu Suryowati
Kata OSO, Satu Nama Cawapres Itu Bikin Jokowi Cekikikan
Enam ketua umum partai politik pendukung Joko Widodo (Jokowi) bertemu di Istana Bogor, Senin malam (23/7). (AGUS SUPARTO/ISTANA)
Share this image

JawaPos.com - Calon wakil presiden (cawpres) Joko Widodo (Jokowi) sudah mengerucut pada satu nama. Hal itu setelah adanya kesepakatan para ketua umum partai politik pendukung petahana, dalam pertemuan Senin (23/7).

Ketua Umum Partai Hanura, Oesman Sapta Odang (OSO) mengaku bangga melihat sikap legawa yang ditunjukkan tiga ketua umum partai. Mereka yakni Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Ketua Umum Golkar Airlangga ‎dan Ketua Umum PPP Romahurmuziy.

Padahal, kata OSO, tiga orang tersebut adalah kandidat cawapres yang sangat didorong oleh kader mereka masing-masing untuk bisa bersanding dengan Jokowi.

"Mereka ketawa-ketawa, nggak punya beban berat. Hebat ini tokoh-tokoh nasional, dan negawaran semua," ujar OSO di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (24/7).

Lebih lanjut, kata OSO, Jokowi langsung terkejut saat semua ketua umum partai politik menyerahkan semua keputusan kepada mantan Gubernur DKI Jakarta itu. OSO menegaskan, tidak ada intervensi kepada Jokowi dari para ketua umum untuk memilih cawapres.

"Lho, dia langsung terkejut, langsung cekikikan. Ya, berarti kalau sudah bergitu dia terima," katanya.

OSO menduga pekan depan Jokowi bakal mengumumkan sosok pendampingnya. Sehingga ‎nantinya semua partai langsung bergerak melakukan sosialisasi untuk membantu memenangkan Jokowi.

Dia menambahkan, koalisi tentu sangat terbuka apabila ada partai politik lain yang ingin bergabung mendukung Jokowi. Pasalnya, hal itu akan menambah kekuatan untuk memenangkan Jokowi.

"Siapapun boleh bergabung selagi memenuhi persyaratan," pungkasnya.

Sekadar informasi, pertemuan tertutup antara partai koalisi dengan Jokowi dilakukan di Istana Bogor, Senin (23/7) malam. Adapun pertemuan tersebut dihadiri oleh enam ketua umum partai politik.

Mereka di antaranya Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar. Kemudian, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, Ketua Umum PPP Romahurmuziy dan Ketua Umum Hanura Oesman Sapta Odang (OSO).

Salah satu kesepakatan dalam pertemuan itu yakni, kandidat cawapres Jokowi sudah mengerucut ke satu nama. Mengenai waktu pengumumannya, semua ketua umum menyerahkannya pada Jokowi.

(gwn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up