alexametrics

Dua Efek Elektoral Surat ‘Sakti’ Pakde Karwo Untuk Khofifah-Emil

24 Juni 2018, 14:24:48 WIB

JawaPos.com – Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur, Soekarwo telah memberikan kejutan mengenai dukungan politiknya di hari terkahir kampanye dengan mengeluarkan seruan kepada masyarakat untuk ikut memlih pasangan Calon Gubernur – Wakil Gubernur nomor urut satu , Khofifah Indar Parawansa–Emil Elestianto Dardak pada Sabtu, (23/6) malam.

Menurut pengamat politik dari Universitas Airlangga (Unair), Airlangga Pribadi, langkah Gubernur Jawa Timur itu sudah sangat tepat selaku pimpinan partai pengusung Khofifah-Emil. Dengan dikeluarkanya surat ajakan tersebut kata Airlangga, semakin mempertegas totalitas Soekarwo untuk memenangkan Khofifah-Emil.

Airlangga juga mengapresisiasi langkah Pakde Karwo sapaan lekat Soekarwo yang sangat elegan dalam menyampaikan dukungan politiknya. “Seruan Pakde Karwo sudah menegaskan secara jelas bahwa, pada detik-detik terakhir positioning Pakde Karwo semakin menguat memberikan dukungan kepada Khofifah-Emil,” kata Airlangga kepada JawaPos.com, Minggu, (24/6).

“Ini menunjukan bahwa, langkah politik Pakde Karwo ini telah dibangun secara smooth dan elegan. Artinya, Pakde Karwo telah memberikan dukungan dengan tidak melakukan kampanye yang sifatnya negatif, kampanye yang terlalu berlebiham tapi tepat langkah yang diambil,” sambungnya.

Airlangga menambahkan, dengan keluarnya surat seruan dari Pakde Karwo itu, akan memberikan dua efek elektoral yang signifikan bagi kemenangan Khofifah-Emil. Sebab, Pakde Karwo yang ini merupakan salah satu tokoh Jawa Timur yang berpengaruh terutaman pada wilayah Mataraman.

Elektoral pertama kata Airlangg, Pakde Karwo yang berasal dari kalangan abangan tetntu memiliki hubungan kultural yang apik dengan kalangan Nasionalis. Sehingga, ada kemungkinan bisa mempengaruhi suara dukungan PDI Perjuangan kepada paslon nomor urut dua, Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno.

“Surat ini akan menyebar dibanyak tempat terutama dikalangan basis politik Mataraman yang menjadi basis suara Pakde Karwo. Kalau melihat Pilgub sebelumnya, pengaruh Pakde Karwo ini bisa juga berpengaruh terutaman pada basis pendukungan abangan. Dan tidak menutup kemungkinan, bisa mempengaruhi sebagian dari pendukung PDIP karena kedekatan basis kultural Pkade Karwo dengan PDIP,” urai Airlangga.

Kedua, lanjut Airlangga, langkah politik Pakde Karwo ini juga sedikit banyak akan mempengaruhi arus dukungan dari kalangan Kiai dan santri. Sebab, meski dari kalangan nasionalis, Pakde Karwo juga memiliki hubungan baik dengan kalangan santri. Hal ini, tentu bisa menggerus suara santri yang mendukung Saifullah Yusuf.

“Tidak menutup kemungkinan juga, Pakde karwo ini kan juga dekat dengan kalngan ulama, meski berasal dari abangan, dan ini tentunya kan berpotensi menggerus dan bisa melemahkan basis santri dari pendukung Gus Ipul. Ini langkah elegan tapi memiliki impact yang sanagt besar,” pungkasnya.

Sebelumnya, Pakde Karwo mengeluarkan surat ajakan kepada masyarakat Jawa Timur untuk memilih pasangan Khofifah-Emil pada 27 Juni mendatang yang dibacakan oleh sekretaris DPD Demokrat Jatim, Renville Antonio.

Berikut Seruan Pakde Karwo Selengkapnya:

Dukungan dan ajakan untuk masyarakat Jawa Timur

Pada akhir masa kampanye pemilihan gubernur provinsi Jawa Timur saya soekarwo (Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur) Renville Antonio (Sekretaris DPD Partai Demokrat Jawa Timur) sebagai pimpinan salah satu partai pengusung pasangan calon Khofifah Indar Parawansa dan Emil elestianto Dardak telah memberikan dukungan sepenuhnya dalam proses masa kampanye dan selanjutnya mengajak masyarakat Jawa Timur untuk ikut memanfaatkan pemilihan Gubernur Jawa Timur pada tanggal 27 juni 2018 dengan memilih pasangan calon Khofifah Emil sebagai penerus jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur di Jawa Timur dengan pertimbangan:

1. Bahwa pasangan calon Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak adalah pasangan terbaik yang layak dan mampu untuk memimpin Jawa Timur.

2. kita yakini akan amanah jujur dan bertanggung jawab serta dapat meningkatkan pembangunan di Jawa Timur yang berkelanjutan.

3. Ibu Khofifah sebagai calon Gubernur juga punya kemampuan memimpin dan kerja secara profesional serta berpengalaman sebagai pimpinan DPR RI menteri kabinet yang berpredikat terbaik serta sebagai ketua Muslimat NU yang terbukti amanah.

4. Begitu pula Mas Emil Elestianto Dardak sebagai calon wakil gubernur Jawa Timur adalah tokoh yang muda yang cerdas dan juga generasi milenial yang juga memiliki kemampuan memimpin sebagaimana ketika menjadi Bupati Trenggalek serta punya pengalaman internasional di perusahaan swasta dan lembaga pemerintah yang kita yakini bersama dapat menjadi pasangan yang ideal bagi ibu Khofifah dalam membangun infrastruktur memajukan perekonomian peningkatan kesejahteraan masyarakat serta mengharumkan Jawa Timur di tingkat nasional maupun internasional demikian dukungan dan ajakan kepada masyarakat Jawa Timur yang dapat kami berikan untuk Jawa Timur lebih baik dan sejahtera serta berkeadilan.

Editor : Budi Warsito

Reporter : (mkd/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads
Dua Efek Elektoral Surat 'Sakti' Pakde Karwo Untuk Khofifah-Emil