alexametrics

Dapat Dukungan Penuh, Emil Siap Wujudkan Perumahan Buruh Migran

24 Mei 2018, 23:28:13 WIB

JawaPos.com – Dukungan komponen buruh migran terhadap pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur nomor urut 1, Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak terus mengalir. Setelah buruh migran di Hongkong, kali ini ribuan calon buruh migran dari berbagai daerah di Jawa Timur memberikan dukungan serupa.

Ini seperti yang disampaikan ribuan calon buruh migran yang dikelola PT. Prima Duta Sejati, Gempol, Pasuruan, saat menerima kunjungan Emil Elestianto Dardak bersama istirnya, Kamis (24/5).

Emil bersama istrinya Arumi Bachsin yang dielu-elu kehadirannya mengaku terharu dan berterima kasih kepada para calon pahlawan devisa tersebut. Emil menyebut buruh migran atau yang populer disebut TKI ini benar-benar sebagai pahlawan devisa.

Emil Elestianto Dardak
Buruh Migran yang dikelola PT Prima Duta Sejati berfoto bersama Emil dan istrinya, Arumi Bachsin (dok.Timses Media Khofifah-Emil)

“Mereka berani merantau ke negeri orang untuk mencari nafkah untuk keluarganya dan memberi implikasi pula pada pertumbuhan ekonomi daerah,” ujar Emil.

Pria yang baru merayakan ultah ke-34 pada 20 Mei kemarin ini bahkan mengaku merasa kalah dengan ribuan buruh migran. Sebab, dirinya pernah merantau ke negeri orang namun untuk belajar bukan mengadu nasib seperti para buruh migran tersebut.

Bahkan Emil menyebut pihaknya telah menyiapkan skema pelatihan dan skill yang lebih kompetitif bagi calon TKI agar nilai tawar mereka di luar negeri lebih baik lagi. Diapun mengapresiasi upaya lembaga penyalur buruh migrah yang berusaha optimal menyiapkan skill yang dibutuhkan.

“Temen-temen harus disiplin dan benar-benar memiliki skill untuk bekerja ke luar negeri. Dan jangan lupa manfaatkan waktu di luar negeri untuk banyak menyerap ilmu, apapun yang dapat dibawa ke tanah air,” katanya.

Emil juga bertutur soal sambutan luas buruh migran di Hongkong saat ia baru saja mengunjungi salah salah satu negara tujuan TKI terbesar tersebut. Umumnya para buruh migran ini lanjut Emil berharap pemerintah itu hadir memberikan motivasi.

“Saya pikir program koperasi untuk buruh migran bisa kita galakkan, kemudian juga sertifikasi ketrampilan sepulangnya mereka. Mereka juga ingin bisa ikut program perumahan rakyat. Mereka pingin bisa nabung program perumahan rakyat bukan bunga yang mahal, ” pungkas putra mantan wakil menteri Pekerjaan Umum Hermanto Dardak tersebut.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (mkd/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Dapat Dukungan Penuh, Emil Siap Wujudkan Perumahan Buruh Migran