alexametrics

KPU Tak Permasalahkan Komisionernya Dilaporkan ke DKPP

24 April 2019, 10:07:13 WIB

JawaPos.com – Komisioner KPU, Ilham Saputra dilaporkan oleh Barisan Advokat Indonesia (BADI) ke DKPP. Hal ini karena Ilham Saputra masih memiliki hubungan sudara dengan Anggota Bidang Media Pim Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga Uno, Yuga Aden.

Menanggapi hal tersebut, Komisioner KPU Viryan Aziz mengatakan, koleganya Ilham Saputra siap untuk bersidang di DKPP‎. Viryan juga tidak mempermasalahkan laporan BADI terhadap koleganya itu.

“Pak Ilham siap untuk bersidang di DKPP, dan sidang itu juga untuk menguji penyelenggara pemilu, jadi baik-baik saja,” ujar Viryan saat dikonfirmasi, Rabu (24/4).

Viryan melanjutkan adanya pelaporan ini juga tidak akan menganggu kerja KPU. Lembaga yang digawangi oleh Arief Budiman ini terus bekerja mengawal proses rekapitulasi.

“Oh enggak, kita KPU terus berkerja,” tegasnya.

Terpisah, Juru Bicara BPN Prabowo-Sandi, Nasir Djamil kecewa langkah yang dilakukan oleh BADI. Dengan meminta Ilham Saputra mundur sebagai komisioner KPU.

“BADI seharusnya memahami bahwa Ilham tidak ada kaitannya dengan BPN,” kata Nasir.

Nasir mengatakan, terpilihnya Ilham menjadi komisioner KPU adalah hasil uji kepatutan dan kelayakan yang dilakukan oleh Komisi II DPR. Oleh sebab itu Nasir meminta KPU dan DKPP mengabaikan permintaan BADI yang cenderung emosional dan tidak memahami masalah yang sebenarnya alias mengada-ada.

“KPU dan DKPP jangan menari di atas gendangan orang lain. Jika perlu Ilham juga bisa melaporkan balik BADI ke polisi karena patut kita duga mereka ingin membunuh karakternya,” tegasnya.

Adapun, Komisioner KPU Ilham Saputra dilaporkan ke DKPP karena tak menyatakan ke publik bahwa memiliki hubungan keluarga dengan anggota tim BPN Prabowo-Sandiaga Uno, Yuga Aden. Ilham dilaporkan ke DKPP oleh Presidium Barisan Advokat Indonesia (Badi) Nur Aris.‎

Editor : Kuswandi

Reporter : Gunawan Wibisono



Close Ads