alexametrics

Fatayat Kompak Dukung Gus Ipul-Puti

24 April 2018, 23:14:41 WIB

JawaPos.com – Dukungan suara anggota Fatayat Kota Surabaya mengalir ke pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim) Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno. Paslon nomor urut 2 itu maju atas restu jumhur ulama dan para kiai sepuh.

Ketua Fatayat Kota Surabaya Bidang Organisasi Camelia Habiba mengatakan, dukungan kepada Gus Ipul-Puti itu bukanlah instruksi yang dikeluarkan oleh Fatayat NU Jatim. Dukungan berasal dari masing-masing pribadi anggota Fatayat NU.

Aturan Fatayat NU memang tidak diperbolehkan berpolitik praktis. Namun, sah-sah saja jika dukungan itu berasal dari satu individu. Camelia memastikan bahwa, banyak anggota Fatayat yang kompak mendukung Gus Ipul-Puti. Menurutnya, dukungan itu adalah hal yang wajar dan cukup beralasan.

Fatayat Kompak Dukung Gus Ipul-Puti
Gus Ipul dan Puti Guntur Soekarno (Tim Media Gus Ipul-Puti Guntur Soekarno)

“Gus Ipul dan Puti ini pasangan yang pas, pasangan religius dan nasionalis. Dukungan pasangan Gus Ipul-Puti untuk maju Pilgub Jawa Timur memang sangat luar biasa,” ungkap Camelia, Selasa (24/4).

Sebelumnya, Puti juga sudah bertemu dengan Fatayat di Lamongan. Puti menawarkan beberapa program pemberdayaan perempuan. Puti mengungkapkan bahwa, terdapat sembilan janji program kerja prioritasnya. Dari sembilan ini terdapat banyak berpihak pada perempuan, kemudian mengentaskan kemiskinan dan kesenjangan.

Untuk memberdayakan perempuan ini tidak bisa terlepas dalam urusan rumah tangga. “Kami juga punya program pemberdayaan keluarga harapan atau PKH yang diberikan untuk kepentingan perempuan dengan memberikan permodalan,” terang Puti.

Pemberian permodalan itu diperuntukan perempuan. Modal itu dipakai untuk menciptakan UMKM. “Kami juga memberikan pelatihan dan pendampingan dari permodalan untuk sektor UMKM. Supaya bisa meningkatkan, pertumbuhan ekonomi keluarga berumah tangga,” tutur perempuan asal Jakarta tersebut.

Selain itu, program lainnya adalah paket nutrisi untuk keluarga miskin dan sangat miskin. Paket ini akan berisikan ayam, daging dan susu, yang berfungsi untuk perbaikan gizi anak-anak. Sehingga di Jatim tidak terserang gizi buruk maupun stunting.

Puti memaparkan, gizi buruk merupakan kekurangan energi dan protein tingkat berat akibat kurang mengkonsumsi makanan yang bergizi dan atau menderita sakit dalam waktu lama.

“Maka dari itu diperlukan paket nutrisi agar warga tidak terkena stunting,” tegas Puti.

Editor : Budi Warsito

Reporter : (did/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Fatayat Kompak Dukung Gus Ipul-Puti