alexametrics

Strategi Kubu Jokowi-Ma’ruf Amin Hadapi Masa Kampanye yang Panjang

23 September 2018, 12:04:26 WIB

JawaPos.com – Para peserta pemilu juga menyiapkan strategi kampanye masing-masing untuk memikat hati pemilih. Dua paslon capres dan cawapres, misalnya, sejak usai pendaftaran di KPU pada 10 Agustus lalu, konsolidasi terus dilakukan. Baik untuk menata tim kampanye maupun materi yang mudah diingat pemilih.

Tim Kampanye Nasional Koalisi Indonesia Kerja (TKN KIK) pasangan nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin semakin mematangkan strategi pemenangan. Grace Natalie, anggota dewan penasihat TKN KIK, mengungkapkan bahwa pembagian tugas kampanye pasangan calon masih dibahas di internal tim pemenangan. Tentu akan ada pembagian tugas antara Jokowi dan Ma’ruf.

Contohnya, kata dia, di daerah yang tantangannya besar, Jokowi-lah yang akan turun. Begitu juga untuk komunitas kaum milenial, mantan gubernur DKI Jakarta itulah yang akan terjun untuk mendulang suara pemilih muda. Sedangkan untuk kantong-kantong pemilih muslim, Ma’ruf akan lebih intens melakukan kampanye.

Strategi Kubu Jokowi-Ma’ruf Amin Hadapi Masa Kampanye yang Panjang
Infografis nomor urut capres-cawapres dari Pilpres 2004 sampai 2019. (Kokoh Praba/JawaPos.com)

Untuk pemetaan tugas wilayah, kata ketua umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) itu, daerah Indonesia Timur akan menjadi garapan Jokowi. Salah satunya Papua. Menurut dia, Jokowi sering sekali ke Papua. Jadi, masyarakat di provinsi tersebut sangat senang dengan Jokowi. Begitu juga masyarakat di NTT dan NTB. Dia yakin mereka akan mendukung Jokowi.

Sebaliknya, untuk wilayah Jawa, Jokowi dan Ma’ruf akan berbagi tugas. Di Jawa, tutur dia, suara Jokowi-Ma’ruf sangat tinggi. “Tentu kami tidak bisa semuanya ke publik,” kata dia saat ditemui seusai pengundian dan penetapan nomor urut capres-cawapres di kantor KPU Jumat malam (21/9).

Bagaimana mengatasi masa kampanye yang cukup panjang? Anggota Dewan Penasihat TKN KIK Diaz Faisal Malik Hendropriyono mengatakan, dalam menghadapi waktu kampanye yang panjang, pihaknya tidak akan mengebyar semua kegiatan di awal kampanye. Tentu akan diatur ritme dan jadwal yang tepat. Jangan sampai kehabisan napas sebelum masa kampanye selesai.

Mengenai panjangnya waktu kampanye, lanjut dia, tim akan menyiapkan strategi yang matang sehingga kampanye berjalan dengan baik. Mulai pelaksanaan sampai pendanaan kegiatan. Rencananya harus benar-benar matang.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : (byu/lum/bay/jun/tau/wan/c10/c11/tom)



Close Ads
Strategi Kubu Jokowi-Ma'ruf Amin Hadapi Masa Kampanye yang Panjang