JawaPos Radar

Pilpres 2019

Tokohnya Gagal Nyapres, Relawan Gatot Deklarasi Dukung Jokowi

23/08/2018, 17:00 WIB | Editor: Estu Suryowati
Relawan Gatot Nurmantyo
Ketua Presidium Relawan Gatot Nurmantyo Untuk Rakyat, Dondi Rivaldi (dua dari kiri), Agung Safitri (kiri), Muhamad Sayidi, dan Iman Akhirman berfoto usai memberikan keterangan pers di Senayan, Jakarta, Jumat (6/4). (Hendra Eka/Jawa Pos)
Share this image

JawaPos.com - Presidium Nasional Gatot Nurmantyo untuk Rakyat (GNR) mendeklarasikan diri mendukung pasangan Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin di Pemilu Presiden (Pilpres) 2019. Mereka menganggap petahana tersebut layak memimpin Indonesia dua periode.

Koordinator Presidium GNR Dondi Rivaldi mengatakan, keputusan mendukung Jokowi-Ma'ruf ini merupakan buntut dari gagalnya Gatot menjadi capres. Oleh sebab itu, mereka mengalihkan dukungan kepada capres petahana.

"Dari teman-teman nasional dan daerah, kami menyimpulkan bahwa Jokowi dan Ma'ruf adalah sosok yang tepat untuk sama-sama mendukung beliau, Jokowi sudah membuktikan kerja nyata dalam kurun waktu pemerintahan beliau," ujar Dondi di kawasan Pakubuwono, Jakarta Selatan, Kamis (23/8).

Relawan Gatot Nurmantyo
Setelah Relawan Selendang Putih Nusantara (RSPN) yang lebih dulu ada, kini muncul relawan Gatot Nurmantyo untuk Rakyat (GNR), Jumat (6/4). (Hendra Eka/Jawa Pos)

Dukungan kepada Jokowi-Ma'ruf merupakan aspirasi dari anggota GNR di 34 provinsi Indonesia. Para relawan menilai pemerintahan Jokowi telah berjalan baik, dan berbagai kemajuan telah dibuatnya, sehingga mereka berpendapat mantan Gubernur DKI Jakarta itu layak mendapat kesempatan di periode kedua.

Setelah mendeklarasikan dukungan ini, para relawan GNR ini berencana dalam waktu dekat akan menemui Gatot untuk melaporkan deklarasi ini. Mereka juga berharap mantan Panglima TNI itu satu suara dengan para relawannya untuk mendukung Jokowi-Ma'ruf.

"Kemudian setelah menyepakati ini, kita akan secepat mungkin menghadap Pak Gatot untuk menyampaikan apa yang menjadi pokok-pokok pikiran teman-teman GNR ini," jelasnya.

Berikut isi deklarasi GNR:

Untuk itu kami menyatakan: Pertama, mendukung, memperjuangkan, dan memenangkan Bapak Jokowi-Ma'ruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden periode 2019-2024 dengan cara adil, beradab, dan bermartabat.

Kedua, mengimbau kepada seluruh elemen perjuangan, baik parpol maupun relawan, untuk bersatu padu dalam memenangkan Bapak Jokowi-Ma'ruf Amin untuk kepemimpinan nasional RI.

Ketiga, mengajak segenap lapisan masyarakat Indonesia, dari masyarakat desa hingga masyarakat kota, pemuda, mahasiswa, petani, nelayan, buruh, kaum miskin kota, dosen, ibu rumah tangga, untuk bersatu padu bekerja secara bersama menggalang kekuatan untuk memenangkan Pilpres 2019-2024.

Keempat, mengimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk mengedepankan cara-cara kampanye yang santun simpatik, dengan memegang teguh prinsip kemanusiaan keadilan keterbukaaan serta tidak melanggar perundang-undangan yang ada.

Jakarta 23 Agustus 2018

Presidium Nasional Gatot Nurmantyo untuk Rakyat. Kami singkat GNR.

(ce1/sat/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up