JawaPos Radar

292 Napi di Tuban Masuk DPT Pilgub Jatim

23/06/2018, 19:05 WIB | Editor: Budi Warsito
292 Napi di Tuban Masuk DPT Pilgub Jatim
Ilustrasi Pilkada Serentak (Dok. JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Sebayak 292 warga binaan atau nara pidana (napi) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) IIB Tuban, Jawa Timur (Jatim) dapat menggunakan hak pilihnya dalam pesta demokrasi Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jatim 2018. Ratusan warga binaan tersebut, sudah didata hingga dibuatkan surat keterangan dari Dispendukcapil setempat.

"292 napi sudah kita lakukan proses pendataan dan telah kami tetapkan sebagai daftar pemilih tetap (DPT). Dan kami pastikan semua dapat menayalurkan hak suaranya pada Pigub 27 Juni mendatang," kata Ketua KPU Kabupaten Tuban, Kasmuri, Sabtu (23/6).

Untuk distribusi logistik surat suara dan perlengkapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) lainya, saat ini belum dilakukan. Karena menurut dia, lokasi Lapas IIB Tuban dengan KPU Tuban jarak cukup dekat.

"Memang logistik Pilkada untuk napi belum kami distribusikan. Nanti akan kami kirim maksimal H-1 pencoblosan. Sedangkan, untuk logistik di masing-masing Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) sudah selesai didistribusikan," terangnya.

Sementara itu, Kalapas IIB Tuban, Sugeng Indrawan membenarkan bahwa warga binaannya telah terdaftar sebagai DPT di KPU Tuban. "Semua napi telah didata oleh KPU. Jumlahnya 292 DPT warga binaan," terangnya.

Diketahui, total DPT di Kabupaten Tuban sebanyak 925.104. Jumlah tersebut, terhitung dari 20 kecamatan yang tersebar di Tuban. Termasuk juga ratusan warga binaan di Lapas IIB Tuban.

(yud/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up