alexametrics

Tak Ada Tambahan Dana Pemilu, Bila Diperlukan Cukup Dari Pagu KPU

23 April 2019, 09:27:35 WIB

Jawapos.com – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menegaskan tidak akan ada penambahan anggaran untuk Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk pemilu ulang. Beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS) rencananya akan melakukan pencoblosan ulang karena adanya kendala ataupun kecuruang di TPS.

Direktorat Jendral Anggaran Kemenkeu Askolani menjelaskan, hal tersebut karena pemerintah telah menetapkan anggaran pemilu dalam pagu Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2019.

“Kita memberikan pagu KPU untuk 1 tahun dan itu mulai dari kegiatan operasional dan lapangan. Tentunya itu kalo ada tambahan pengulangan pemilihan pandangan kami tidak terlalu banyak dampaknya dari anggaran dan masih cukup dari pagu anggaran kpu,” ujar Askolani di Jakarta, Senin (22/4).

Askolani menuturkan, bila ada kebutuhan dana tambahan yang signifikan untuk kegiatan susulan bisa memakai pagu anggaran yang sudah ditetapkan di APBN.

“Minggu-minggu ini KPU akan melakukan evaluasi dan melihat apakah sampai kuartal ketiga pagunya cukup atau tidak. Kalau sekarang pandangan kami masih cukup,” jelasnya.

Selain itu, kata dia anggaran bansos tahun ini lebih tinggi karena volumenya meningkat, ditambah naiknya penerima program keluarga harapan.

“Anggaran 2019 ini dalam periode saat ini jauh lebih tinggi dibanding 2018 dan percepatan belanja bansos untuk masyarakat. Ini tidak ada kaitan dengan pemilu,” tandasnya.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Romys Binekasri