alexametrics

Bawaslu Benarkan Ada 17 Kotak Suara Terbakar di Sumbar

Wacana PSU Tunggu Rekomendasi KPU
23 April 2019, 17:46:20 WIB

JawaPos.com – Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum RI(Bawaslu) Fritz Edward Siregar mengatakan, total sebanyak ‎17 kotak yang berisi surat suara terbakar di gudang Sumatera Barat (Sumbar). Saat ini, belasan kotak suara yang terbakar tersebut sudah berhasil diidentifikasi asal Tempat Pemungutan Suaranya.

“Yang saya ‎tahu ada 17 kotak suara yang terbakar. Tapi sudah diidentifikasi dari TPS mana saja,” ujar Fritz di Kantor Bawaslu, Jakarta, Selasa (23/4).

Saat ini, Bawaslu sedang menunggu rekomendasi Komisi Pemilihan Umum RI (KPU), apakah perlu digelar pemungutan suara ulang (PSU) atau tidak. Prinsipnya surat suara yang dibakar ini harus bisa dicatat.

“Kami masih nunggu hasil rapat antara KPU dan Bawaslu dan parpol di Pesisir Selatan,” katanya.

Sebelumnya diberitakan, kebakaran melanda gudang kotak suara pada Senin (22/4) dini hari. Polisi masih menyelidiki peristiwa ini.

Komisioner KPUD Kabupaten Pesisir Selatan Medo Patria‎ mengatakan, kotak suara yang terbakar di gudang berasal dari kotak Sekretariat PPK Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumbar. Kotak suara itu terbakar beserta seluruh surat suara yang ada di dalamnya.

“Masih terus kami inventarisasi. Kotak suara antara lain berasal dari Nagari Kapuah. Ada yang menghancurkan kotak, ada yang hanya menghancurkan bagian luar saja,” katanya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Gunawan Wibisono