alexametrics

Khofiah – Gus Ipul bersaing Ketat, Cawagub Jadi Kunci Kemenangan

23 Februari 2018, 06:05:09 WIB

JawaPos.com – Pengamat politik dari Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Airlangga Pribadi Kusman menilai, dua calon Gubernur Jawa Timur nomor urut 1, Khofifah Indar Parawansa dan nomor urut 2, Saifullah Yusuf sama-sama memiliki modal kuat untuk menata birokrasi pemerintahan.

Menurut Airlangga, Khofifah memiliki bekal yang cukup untuk memimpin Jawa Timur. Hal itu, itu dibuktikan dengan capaian Khofifah dalam menurunkan angka kemiskinan selama menjabat Menteri Sosial (Mensos) di Kabinet Presiden Jokowi.

Sementara sosok Saifullah, lanjutnya, pengalaman sebagai wakil Gubernur Jatim selama dua periode menjadi bekal pria yang akarab disapa Gus Ipul itu. Sehingga, dua Cagub itu dipastikan akan bersaing secara ketat.

“Itu sebuah capaian, bahwa masing-masing kandidat ini memiliki kekuatan dalam pengelolaan negara,” ungkap pria yang juga CEO The Initiative itu di Surabaya, Kamis, (22/2).

Airlangga menilai, popularitas dua calon itu sudah optimal. Namun, secara umum, pelaksanaan Pemilihan Gunernur (Pilgub) Jawa Timur 2018 ini kurang dinamis. Sebab, masih ada calon yang masih sibuk dengan klaim dukungan.

“Pilgub sekarang ini kurang dinamis artinya harus ada inovasi-inovasi kampanye semua calon itu turun ke bawah. Karena, popularitas dari dua calon gubernur ini sudah optimal,” jelasnya.

Namun, hal itu berbeda dengan kondisi Cawagub, baik Emil Dardak yang jadi Cawagub, Khofifah maupun Puti Guntur yang jadi Cawagub, Gus Ipul. Menurutnya, dua Cawagun itu masih belum optimal.

“Sekarang itu pertarungan Pilgub itu akan ditentukan dari bagaimana performa dan kemampuan untuk melakuakan inovasi dan konsolidasi politik dari pihak wakil. Ini yang saya pikiri masih belum optimal,” pungkasnya.

Editor : Soejatmiko

Reporter : (mkd/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Khofiah - Gus Ipul bersaing Ketat, Cawagub Jadi Kunci Kemenangan