JawaPos Radar

Siapkan Ini Untuk Maju di DPD RI

23/01/2018, 22:48 WIB | Editor: Budi Warsito
Siapkan Ini Untuk Maju di DPD RI
Jajaran KPU Sumsel yang diketuai Aspahani (tengah) (Istimewa)
Share this

JawaPos.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Selatan (Sumsel) mengingatkan, bagi calon perseorangan yang maju dalam Pemilihan Umum (Pemilu) Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI agar mengumpulkan suara sebanyak tiga ribu dukungan.

Komisioner KPU Sumsel Ahmad Naafi mengungkapkan, hal ini sesuai dengan ketentuan pasal 183 UU nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu.

Ahmad Naafi mengatakan, dalam aturannya, bagi daerah yang memiliki jumlah penduduk lebih dari lima juta sampai 10 juta maka dukungan yang harus dikumpulkan yakni sebanyak tiga ribu.

"Nah, Sumsel ini jumlah penduduknya mencapai delapan jutaan. Karena itu, para calon harus mengumpulkan minimal tiga ribu dukungan," katanya saat dihubungi JawaPos.com, Selasa (23/1).

Saat ini, pengisian daftar dukungan bagi calon anggota DPD RI dari Daerah Pemilihan (Dapil) Sumsel sudah dimulai. Bahkan, pihaknya telah melakukan sosialisasi sejak 18 Januari lalu untuk formulir dan template formulir kepada masyarakat yang akan mendaftarkan diri sebagai calon anggota DPD RI.

"Masyarakat dapat melihat formulir dan templatenya di KPU Provinsi dan Kabupaten/kota masing-masing," terangnya.

Jika nantinya dukungan tiga ribu ini sudah tercukupi, maka calon tersebut dapat mendaftarkan diri ke KPU melalui KPU Sumsel. Pendaftaran calon DPD RI paling lambat sembilan bulan sebelum hari pemungutan suara 17 April 2019 mendatang.

Nantinya, setelah pemilu, dukungan calon yang tersebar paling sedikit 50 persen dari jumlah kabupaten/kota di Sumsel akan dipilih Empat orang. Kemudian untuk menjadi Anggota DPD RI terpilih dari masing-masing provinsi dengan suara terbanyak.

"Untuk lebih jelas nantinya bisa dilihat di website KPU atau langsung ke Sekretariat KPU Sumsel," tutupnya.

(lim/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up