JawaPos Radar

Jelang Pilgub Kalbar 2018, Cirus: Karolin Makin Tak Terkejar

22/12/2017, 17:36 WIB | Editor: Dimas Ryandi
Karolin
Politisi Perempuan PDIP yang juga merupakan Bupati Landak Karolin Margareth siap maji di pilgub Kalbar. (Jpn/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Peta pertarungan antara calon gubernur di Pilgub Kalimantan Barat (Kalbar) makin ketat. Namun, untuk saat ini nama Karolin Margret Natasa dinilai memiliki peluang besar untuk bisa menduduki kursi yang gubernur. 

Hal itu terungkap dari hasil survei Cirus Surveyors Group. Karolin meraih tingkat popularitas sebesar 74 persen. Sementara, Wali Kota Pontianak Sutarmidji menguntit Karolin dengan tingkat kepopuleran 50,9 persen.

Elektabilitas Karolin juga sangat tinggi, yakni sebesar 33,23 persen. Bupati Landak itu kembali mengungguli Sutarmidji yang berada di posisi kedua dengan raihan 26,3 persen.

cirus
Cirus saat memaparkan hasil surveinya soal Pilgub Kalbar (jpnn/jawapos)

Sementara itu, posisi ketiga serta keempat dihuni Lasarus dan Milton Crosby dengan perolehan masing-masing 6,21 dan 4,30 persen.

Karolin juga masih unggul ketika kandidat dikerucutkan menjadi tiga. Elektabilitas politikus PDI Perjuangan itu mencapai 42,53 persen. Sutarmidji lagi-lagi berada di posisi kedua dengan elektabilitas sebesar 33,80 persen. Sementara itu, Hildi Hamid berada di urutan ketiga dengan raihan 4,41 persen.

“Karolin meroket dan makin tak terkejar ketika jika head to head kontra Sutarmidji,” ujar Peneliti Cirus Rio Prayogo melalui keterangan tertulisnya pada JawaPos.com, Jumat (22/12).

Untuk posisi elektabilitas, Karolin mencapai 48 persen. Sementara itu, elektabilitas Sutarmidji hanya 35,9 persen.

Lalu bagaimana jika Karolin melawan Hildi? Mantan anggota Komisi IX DPR itu malah unggul makin jauh. Dia memiliki elektabilitas 55,20 persen. Sedangkan elektabilitas Hildi hanya 14,20 persen.

Diketahui, survei itu menggunakan metode multistage random sampling dengan margin of error tiga persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Survei itu melibatkan seribu responden dengan proporsi gender yang seimbang. Para responden tersebar di 14 kabupaten dan kota serta seratus desa serta kelurahan. Tiap kelurahan dibagi lima RT secara acak yang masing-masing dipilih dua keluarga. 

“Hasil-hasil tersebut menunjukkan bahwa setidaknya sampai saat ini terdapat dua tokoh publik yang memiliki potensi yang baik untuk menjadi bakal calon gubernur Kalbar, yaitu Karolin Margret Natasa dan Sutarmidji,” pungkas Rio.

(gwn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up