alexametrics

Anas versus Emil, Bakal Berebut Suara Generasi Zaman Now

22 November 2017, 12:31:34 WIB

JawaPos.com – Partai koalisi pengusung Khofifah Indar Parawansa telah menetapkan nama Emil Dardak sebagai calon Wakil Gubernur Jawa Timur dalam Pilkada 2018. Nama Bupati Trenggalek itu telah diprediksi oleh banyak kalangan. Keputusan yang dianggap tepat, mengingat calon pesaing mengusung nama Abdullah Azwar Anas.

Dilihat dari dua nama pasangan yang berkontestasi (Saifullah Yusuf-Anas dan Khofifah-Emil), persaingan seru justru berada pada dua nama cawagub. Anas dan Emil dianggap merepresentasikan generasi milenial atau bahasa bekennya generasi zaman now.

”Keputusan itu (Khofifah berpasangan dengan Emil) sudah tepat. Khofifah ingin merebut 33-40 persen pemilih yang berasal dari generasi milenial,” jelas Senior Advisor iPol Indonesia Maman Suherman kepada JawaPos.com, Rabu (22/11) pagi.

Soekarwo, Susilo Bambang Yudhoyono, Khofifah Indar Parawans, dan Emil Dardak
REKOM: Ketua Umum Partai Dekokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat foto bersama dengan Khofifah dan Emil Dardak. (Istimewa)

Maman memaparkan pertarungan dua pasangan calon itu justru mengarah pada Anas melawan Emil. Keduanya berusaha menggaet suara floating mass (massa mengambang). Floating mass kebanyakan generasi milenial.

Tanpa mengesampingkan Gus Ipul dan Khofifah, pertarungan lebih seru justru terjadi antara Anas dengan Emil. Persaingan Gus Ipul dengan Khofifah diprediksi hanya akan berkutat pada internal Nahdliyin.

Berbeda dengan persaingan antara Anas dengan Emil. Keduanya berebut suara rasional. Pertarungan mereka akan ditentukan oleh seberapa gencar keduanya merebut suara anak muda. Terutama melalui program-program kekinian.

Entah itu mengadakan festival maupun kampanye positif di media sosial. ”Generasi milenial tidak gampang dikasih janji-janji kosong. Mereka butuh yang rasional dan konkrit. Mereka terkesan santai tapi sebenarnya kritis,” ujar Maman.

Secara khusus, Maman menjabarkan keunggulan masing-masing antara Anas dengan Emil. Anas, meskipun usianya sudah masuk angka 44 tahun, tapi selama menjabat sebagai Bupati Banyuwangi, dia bisa menggelar festival ala anak muda.

Begitu juga dengan Emil. Namanya juga menggaung saat memimpin Trenggalek. Ketokohannya mudah diingat. Muda, tampan, dan energik. Suami Arumi Baschin itu juga begitu aktif di media sosial yang kerap diakses generasi milenial.

”Kondisi seperti ini menghasilkan persaingan seru. Kalau cuma ada dua nama paslon. Pertarungannya ada pada bagaimana mereka meyakinkan pemilih rasional ini,” tutur pria yang menjadi notulen pada acara Indonesia Lawak Klub (ILK).

Seperti diberitakan, beredarnya foto di Cikeas, kediaman Presiden ke enam RI Susilo Bambang Yudhoyono menjadi indikasi Partai Demokrat mengusung pasangan Khofifah-Emil pada Pilgub Jatim 2018.

Selain Demokrat, keduanya juga didukung oleh Golkar dan Nasdem. Meski belum ada deklarasi resmi, Khofifah dan Emil memang sudah diprediksi akan berpasangan. Mereka akan bertarung dengan pasangan Gus Ipul dan Anas yang diusung PDIP dan PKB.

Editor : admin

Reporter : (did/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Anas versus Emil, Bakal Berebut Suara Generasi Zaman Now