JawaPos Radar

Pilpres 2019

Padat Aktivitas di Usia Senja, Intip Resep Ma'ruf Amin Jaga Stamina

22/10/2018, 08:47 WIB | Editor: Estu Suryowati
Padat Aktivitas di Usia Senja, Intip Resep Ma'ruf Amin Jaga Stamina
Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin usai menjalani tes kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto sebagai salah satu tahapan pencalonan presiden dan wakil presiden Pilpres 2019. (FEDRIK TARIGAN/ JAWA POS)
Share this

JawaPos.com - Menjadi Calon Wakil Presiden (Cawapres) di usia 70 tahun bukan menjadi perkara mudah bagi Ma'ruf Amin. Aspek kesehatan tak bisa diabaikan di tengah kegiatannya yang sangat padat.

Praktis, Ma’ruf mengakui saat ini tak punya waktu berolahraga. Berbeda saat sebelum ia ditunjuk sebagai cawapres oleh Joko Widodo (Jokowi).

"Dulu iya (berolahraga, red). Sekarang nggak sempat jalan pagi," ujarnya dalam ramah tamah dengan awak media di Tasikmalaya, Jawa Barat, Minggu (21/10).

Ma'ruf menuturkan, sekitar tiga bulan terakhir ia banyak melakukan kegiatan di luar kota. Namun, ketiga di Jakarta pun, sejumlah tamu datang silih berganti ke kediamannya. Hal itu menjadi salah satu faktor dirinya tak punya banyak waktu lagi untuk berolahraga.

"Pertama saya selalu berada di luar kota seperti sekarang. Kedua, kalau di rumah jam enam pagi sudah datang (tamu, Red). Jadi, mau jalan pagi sudah nggak sempat," jelasnya.

Namun, ternyata mantan Rais Aam Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU) itu mengaku memiliki kiat-kiat menjaga kesehatannya. Yakni dengan cara mengatur pola makan.

"Karena sudah tua tentu sudah mulai ada gula, sudah mulai ada kolesterol, sudah mulai ada asam urat, itu yang saya hindari. Mengurangi supaya tidak ada gulanya, kolesterolnya, asam uratnya supaya tetap sehat," sambungnya.

Selain itu, Ma'ruf pun mengatakan sangat menghindari stres. Dia memilih menjalani hidupnya seperti air mengalir. Menikmati segala rintangan dan kesulitan yang menerjang.

"Saya tidak ada problem-problem, mengerutkan dahi. Mengalir saja, dinikmati," imbuhnya.

Lebih lanjut, membaca buku politik dan ekonomi menjadi cara jitu terakhir Ma'ruf menjaga kesehatan di usianya yang memasuki kepala tujuh. Ma'ruf juga senang membaca kitab fiqih atau tafsir. Menurut dia, buku tersebut dapat memberikan solusi atas segala problem kehidupan.

"Novel saya suka juga. Cerita silat suka juga, Kho Ping Hoo," pungkasnya.

(sat/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up