alexametrics

Soal Pilgub Jatim, Megawati: Yang Pindah Partai Jangan Dipilih

22 Juni 2018, 05:32:34 WIB

JawaPos.com – Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri terlihat meramaikan kampanye akbar pasangan calon gubernur-wakil gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno di Lapangan Gulun, Madiun, Kamis (21/6).

Selain Megawati, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar dan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini juga menyampaikan pidato kampanyenya. 

Dalam pidatonya, Megawati menyerukan tentang loyalitas sebagai pemimpin daerah dan kader partai. Menurutnya, loyalitas pemimpin menggambarkan komitmennya saat memgumbar janji kampanye politik.

Karenanya, Megawati mengimbau agar kader dan simpatisan tidak memilih pemimpin yang pernah keluar dari PDI Perjuangan. Megawati mencontohkan seorang pejabat daerah yang keluar dari PDI Perjuangan. 

Katanya, pejabat tersebut mengejar kedudukan lebih tinggi. Sehingga lupa memenuhi janji dan komitmennya kepada rakyat. Padahal, lanjutnya, kader PDI Perjuangan harus setia selamanya. “Ingat yang pindah partai jangan dipilih,” katanya di hadapan massa PDIP.

Namun, Megawati mengatakan contoh buruk tersebut tidak ada pada sosok Saifullah dan Puti. Menurutnya, Saifullah dan Puti mewakili kaum nahdliyin dan nasionalis Soekarnois. 

Saifullah sendiri, lanjutnya, banyak belajar pemerintahan dan kondisi Jawa Timur. Saifullah, sebagai wakil dua periode mendampingi Gubernur Jawa Timur Soekarwo. “Coblos nomor 2, Saifullah dan Puti,” kata Megawati. 

Lebih lanjut, Megawati juga berharap hubungan antar partai pendukung dapat semakin solid. Yakni, melalui kelompok nahdiyin, merajut nilai-nilai kebangsaan yang pernah dilakukan oleh para pendiri bangsa. 

“Orang menyebut koalisi merah hijau seperti semangka. Tapi saya maunya semangka yang luarnya merah dalamnya hijau,” katanya lalu disambut tawa para kader dan simpatisan partai. 

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (HDR/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads
Soal Pilgub Jatim, Megawati: Yang Pindah Partai Jangan Dipilih