alexametrics

Puti Gagas Jambore Lintas Agama

22 Mei 2018, 17:41:54 WIB

JawaPos.com – Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Jawa Timur (Jatim) Puti Guntur Soekarno bertemu dengan perwakilan Badan Musyawarah Antar-gereja (Bamag) Jatim. Pada pertemuan tersebut, Puti menggagas jambore lintas agama.

Secara umum, jambore tersebut bertujuan untuk memperkuat kerukunan antarumat Jatim. Terutama untuk generasi muda. Pasalnya, generasi muda perlu merajut Merah Putih dan menyambung tali persaudaraan antarumat beragama. Dengan cara menguatkan karakter ideologi melalui Jambore.

Puti menekankan pentingnya pembangunan ekonomi dan infrastruktur. “Itulah pentingnya Jambore lintas iman. Semoga dapat terwujud di Jatim,” kata Puti di Kantor Bamag Jatim, Sidoarjo, Selasa (22/5).

Ada sejumlah kegiatan yang dapat digelar pada Jambore lintas agama. Namun, Puti tidak menyebutkan apa saja kegiatannya. Yang penting adalah kegiatannya dapat menyatukan dan memperkuat karakter masyarakat serta saling menghargai.

Terutama di kalangan anak-anak muda. Sebab generasi muda menjadi pemilik masa depan negeri ini. “Jiwa gotong-royong, saling tenggang rasa, toleransi, harus diwariskan dan ditumbuhkan pada diri mereka,” tegas Puti.

Selain pembicaraan tentang Jambore, Puti juga menyampaikan duka mendalam dan rasa prihatinnya atas teror bom yang melanda 3 gereja di Kota Surabaya. Karenanya, Puti menyebut pencalonanya membawa misi kebangsaan. Yakni, mempererat semangat atau spirit Merah Putih di provinsi ini.

Sehingga tidak ada lagi tragedi bom yang menyebabkan korban tewas, luka, dan kerugian materiil. “Kami harus lebih kuat dalam menghadapi cobaan ini,” tukas Puti.

Sementara itu, Ketua Umum Bamag Jatim Pendeta Sudhi Dharma mengapresiasi dan mendukung gagasan jambore lintas iman. Menurutnya, ide itu dapat menciptakan sikap saling menghargai dan memelihara.

Sehingga Pancasila dapat diterapkan pada kehidupan sehari-hari. Khususnya sila ke-5. Karena kesenjangan sosial juga berpotensi memicu masalah.

“Perbedaan itu anugerah serta keunikan yang luar biasa dan harus dipertahankan. Umat Kristen di Jatim memiliki tanggung jawab atas hal tersebut,” tutur Sudhi.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : (HDR/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Puti Gagas Jambore Lintas Agama